Posts

Bisnis dan Etika

Image
Mitos Bisnis Amoral Mitos ini m engungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungan sama sekali . Bisnis berorientasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa mengindahkan etika dan moralitas. Argumen Pendukung Bisnis adalah suatu persaingan, sehingga pelaku bisnis harus menggunakan segala cara & upaya untuk bisa menang . Aturan bisnis berbeda dari aturan dalam kehidupan sosial , sehingga bisnis tidak dapat dinilai dengan aturan moral dan sosial . Pelaku bisnis yang mematuhi aturan moral atau etika akan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan dalam persaingan. Argumen Penentang Y ang dipertaruhkan dalam bisnis tidak hanya uang atau barang, tetapi juga dirinya, keluarga, karyawan, konsumen. Bisnis adalah bagian dari masyarakat, sehingga norma atau nilai yang dianggap baik dan berlaku di masyarakat akan ikut terbawa ke dalam bisnis. Harus dibedakan antara legalitas dan moralitas. Bisnis mungkin saja diterima secara

Kombinasi Badan Usaha

Image
Joint  Venture Definisi Kerjasama dua pihak atau lebih dalam bidang bisnis untuk membentuk sebuah perusahaan baru. Kerjasama ini tercipta ketika adanya visi yang sama antara pemilik modal untuk membuat suatu peluang usaha di wilayah tertentu. Hal-hal yang mendukung terjadinya kerjasama tersebut yaitu tersedianya bahan baku yang melimpah, tenaga kerja yang banyak, dan pasar yang prospektif. Unsur dalam Joint Venture Kerjasama dua pihak atau lebih; Membentuk perusahaan baru dengan nama baru. Ada modal; Masing-masing pihak memberikan modal untuk dipakai bersama untuk mengoperasikan perusahaan baru. Ada surat perjanjian; Mengikat kedua belah pihak. Contoh Joint Venture AutoAlliance (Ford & Mazda) Infineum International (ExxonMobil & Shell) LG Philips (LG & Philips) Sony Ericsson (Sony & Ericsson) Verizon Wireless (Verizon Communications & Vodafone) Kartel Definisi Suatu kesepakatan tertulis antara beberapa perusahaan sejenis untuk mengatur dan mengendalikan be

Bentuk-bentuk Badan Usaha

Image
Perusahaan Perseorangan Definisi perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki seorang individu. Perusahaan perseorangan dipimpin sendiri oleh pemiliknya dan ia bertanggungjawab sepenuhnya terhadap semua resiko dan kegiatan perusahaan. Kelebihan  Perusahaan Perseorangan Mudah didirikan . Setiap orang dapat mengembangkan usaha milik perorangan. Usaha ini tidak perlu mendapat izin dari lembaga pemerintah untuk menjalankannya. Modal memulai usaha kecil . Dapat didirikan dengan menggunakan modal sendiri atau mengikutsertakan anggota keluarga. Pengelolaannya fleksibel dan bebas . Pemilik dapat menentukan sendiri jam kerjanya dan dapat membuat keputusan mengenai apa yang harus dilakukan. Kerahasian usaha terjamin . Seluk beluk kegiatan usaha dapat dirahasiakan dan tidak perlu diketahui oleh orang lain. Tidak perlu membuat laporan mengenai kegiatan yang dia lakukan. Kelemahan  Perusahaan Perseorangan Pertanggungjawaban tidak terbatas . Apabila perusahaan memiliki kewajiban me

Bisnis dan lingkungan bisnis

Image
  Definisi Bisnis Bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and services”. Daya tarik utama kegiatan bisnis adalah mendapatkan laba atau keuntungan. Melalui laba, pelaku bisnis dapat melakukan pengembangan usaha. Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Klasifikasi Bisnis Berdasarkan aktivitas yang dilakukan dalam menghasilkan keuntungan, bisnis dikelompokkan dalam beberapa jenis: Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen. Contoh: Produk otomotif. Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible. Contoh: Konsultan, pengacara. Distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Contoh: Toko grosir. Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang mentah. Contoh: Tanaman, minyak. Bisnis finansial adalah bisnis yan

Etika dan Etiket

Image
Definisi Etika Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ethos’ yang berarti adat istiadat/kebiasaan yang baik. Etika adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan/tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik, dan mana yang tidak baik. Etika berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Tujuan Etika Tujuan etika adalah agar setiap manusia mengetahui dan menjalankan perilaku yang baik, sebab perilaku yang baik bukan saja penting bagi dirinya saja, tetapi juga penting bagi orang yang ada disekitarnya. Norma Khusus dan Norma Umum Norma khusus merupakan aturan yang berlaku dalam bidang kegiatan khusus atau kehidupan khusus.  Misal: Aturan olah raga, aturan pendidikan, atau aturan sebuah sekolah. Norma umum bersifat universal. Ada tiga norma umum: Norma sopan santun, norma hukum, dan norma moral. Teori Deontologi Deon

Pasar Faktor Produksi: Tenaga Kerja Dan Tanah

Image
  Faktor Produksi Pokok Tenaga Kerja, balas jasa berupa upah/gaji Barang Modal (Mesin dan Tanah), balas jasa berupa sewa Uang, balas jasa berupa bunga Konsep Dasar Faktor produksi sebagai permintaan turunan . Permintaan terhadap suatu barang dikatakan sebagai permintaan turunan jika permintaan terhadap barang tersebut sangat bergantung pada permintaan barang lain. Contoh: permintaan BBM terhadap permintaan Mobil. Permintaan Tenaga Kerja sangat tergantung pada permintaan barang dan jasa. Makin besar permintaan barang & jasa, makin besar juga permintaan tenaga kerja Permintaan tanah juga sangat tergantung pada permintaan barang dan jasa. Misal makin besar permintaan gedung perkantoran makin besar juga permintaan tanah. F aktor Produksi Subtitusi dan Komplemen Mesin merupakan subtitusi tenaga kerja bila penambahan penggunaan mein mengurangi penggunaan tenaga kerja, tetapi dapat bersifat komplemen jika penambahan mesin dapat menambah tenaga kerja. H ukum Pertambahan Hasil y

Pasar Oligopoli

Image
  Pasar Oligopoli Adalah struktur pasar di mana hanya terdapat beberapa atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk-produk yang identik atau yang mirip satu sama lain. Struktur pasar atau industri oligopoli adalah pasar (industri) yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan (produsen).di mana: Setiap perusahaan memiliki kekuatan cukup besar untuk mempengaruhi harga pasar. Perilaku setiap perusahaan akan mempengaruhi perilaku perusahaan lainnya dalam industri. Kondisi pasar oligopoli mendekati kondisi pasar monopoli. Karakteristik Pasar Oligopoli Hanya sedikit perusahaan dalam industri. Biasanya jumlah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh. Kekuatan perusahaan-perusahaan dalam industri dapat diukur dengan menghitung rasio konsentrasi, yaitu berapa persen output dalam pasar oligopoli dikuasai oleh perusahaan yang dominan. Pasar suatu industri dikatakan berstruktur oligopolistik apabila CR4 ( four firms conce