Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik
Definisi

  • Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
  • Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contoh: shampo, pasta gigi, kosmetik, makanan, minuman, obat-obatan dll.
  • Mekipun fungsi emua hampo sama tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus. Misal: perbedaan aroma, perbedaan aroma, kemasan dll.
Karakteristik Pasar Monopolistik

  • Produk yang Terdiferensiasi
  • Jumlah Produsen Banyak Dalam Industri
  • Bebas Masuk dan Keluar
  • Produsen Memiliki Kemampuan untuk mempengaruhi Harga
  • Iklan Sangat Penting

Keseimbangan Perusahaan Jangka Pendek

  • Kurva permintaan menurun sedikit demi sedikit (landai) sehingga tidak berimpit dengan MR dan laba relatif terbatas dengan luas APBC..
  • Perusahaan mencapai laba maksimum pada MR = MC.
  • Harga jual lebih besar dari biaya marginal (P>MC)
  • Jumlah Ouput yg diproduksi 

Keseimbangan Perusahaan Jangka Panjang
  • Harga jual yang masih cukup lebih besar dari biaya marginal (P>MC)
  • Kapasitas berlebih, karena perusahaan sangat mudah untuk keluar masuk sehingga perusahaan hanya menikmati laba normal
  • Keseimbangan jangka panjang pada titik A, tetapi perusahaan tidak berproduksi pada tingkat yang paling efisien karena AC bukan titik terendah.
  • Agar AC menjadi rendah, output harus ditambahkan menjadi Qb, tetapi penambahan output akan menyebabkan penurunan laba (MR<MC).

Pengaturan Pasar Persaingan Monopolistik
  • Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahterann yang hilang (dead weight loss) relatif kecil
  • Permintaan yang sangat elastis menyebabkan kelebihan prodki relatif kecil
  • Ketidakefisienan yang dihailkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistik

Penilaian Pasar Persaingan Monopolistik
  • Penggunaan sumber daya atau faktor produksi pasar persaingan sempurna lebih efisien dibanding pasar persaingan monopolistik karena kapasitas produksinya dibawah tingkat yang optimal.
  • Differensiasi produknya jauh lebih baik daripada pasar persaingan sempurna
  • Dorongan dalam melakukan inovasi teknologi di pasar ini sangat terbatas karena dalam jangka panjang pasar hanya bisa memperoleh keuntungan yang normal
  • Distribusi pendapatan merata

Persaingan Bukan Harga
  • Differensiasi produksi: menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi perusahaan lain atau perusahaan sendiri. Contoh: shampo Sunsilk dan Dove berasal dai produsen yang sama.
  • Iklan dan berbagai bentuk promosi penjualan.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi