Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik
Definisi
Definisi
- Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contoh: shampo, pasta gigi, kosmetik, makanan, minuman, obat-obatan dll.
- Mekipun fungsi emua hampo sama tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus. Misal: perbedaan aroma, perbedaan aroma, kemasan dll.
Karakteristik
Pasar Monopolistik
- Produk yang Terdiferensiasi
- Jumlah Produsen Banyak Dalam Industri
- Bebas Masuk dan Keluar
- Produsen Memiliki Kemampuan untuk mempengaruhi Harga
- Iklan Sangat Penting
Keseimbangan Perusahaan Jangka Pendek
- Kurva permintaan menurun sedikit demi sedikit (landai) sehingga tidak berimpit dengan MR dan laba relatif terbatas dengan luas APBC..
- Perusahaan mencapai laba maksimum pada MR = MC.
- Harga jual lebih besar dari biaya marginal (P>MC)
- Jumlah Ouput yg diproduksi
- Harga jual yang masih cukup lebih besar dari biaya marginal (P>MC)
- Kapasitas berlebih, karena perusahaan sangat mudah untuk keluar masuk sehingga perusahaan hanya menikmati laba normal
- Keseimbangan jangka panjang pada titik A, tetapi perusahaan tidak berproduksi pada tingkat yang paling efisien karena AC bukan titik terendah.
- Agar AC menjadi rendah, output harus ditambahkan menjadi Qb, tetapi penambahan output akan menyebabkan penurunan laba (MR<MC).
- Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahterann yang hilang (dead weight loss) relatif kecil
- Permintaan yang sangat elastis menyebabkan kelebihan prodki relatif kecil
- Ketidakefisienan yang dihailkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistik
- Penggunaan sumber daya atau faktor produksi pasar persaingan sempurna lebih efisien dibanding pasar persaingan monopolistik karena kapasitas produksinya dibawah tingkat yang optimal.
- Differensiasi produknya jauh lebih baik daripada pasar persaingan sempurna
- Dorongan dalam melakukan inovasi teknologi di pasar ini sangat terbatas karena dalam jangka panjang pasar hanya bisa memperoleh keuntungan yang normal
- Distribusi pendapatan merata
- Differensiasi produksi: menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi perusahaan lain atau perusahaan sendiri. Contoh: shampo Sunsilk dan Dove berasal dai produsen yang sama.
- Iklan dan berbagai bentuk promosi penjualan.
Comments
Post a Comment