Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 11


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 11
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Perencanaa sumber daya manusia penting dilakukan, apa manfaat perencanaan SDM bagi usaha-usaha yang baru berdiri, sedang berjalan, atau sedang mengalami krisis?

Peran SDM diperusahaan saat ini sudah memberikan banyak dampak positif terhadap keberlangsungan perusahaan, sebagian perusahaan saat ini memanggap bahwa SDM merupakan aset bukan lagi dianggap sebagai mesin yang dituntut harus bekerja 100% dan tidak memberlakukan kesalahan sedikitpun. Perencanaan SDM juga perlu dilakukan oleh perusahaan karena untuk mengetahui kebutuhan akan SDM itu sendiri yang menentukan efektifitas serta efisiensi perusahaan.

Manfaat perencanaan SDM bagi perusahaan atau usaha yang baru berdiri yaitu :

1.     Untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan SDM diperusahaan (kuantitas). 

2.     Memaksimalkan struktur organisasi yang telah di rencanakan.

3.     Manfaat perencanaan SDM bagi perusahaan atau usaha yang sedang berjalan yaitu:

4.     Dapat mempertahankan SDM yang memiliki keahlian sesuai dengan kualifikasi yang dibuat oleh perusahaan.

5.     Sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.agar peusahaan dapat melakukan perbaikan secara terus menerus (continues improvement).

 

Manfaat perencanaan SDM bagi perusahaan atau usaha yang sedang mengalami krisis yaitu:

1.     Sebagai media atau sarana untuk menilai sejauh mana peran SDM terserbut loyal terhadap perusahaan atau tidak.

2.     Dapat menampung ide-ide kreatif yang akan digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan agar dapat produktif kembali. 


2. Pengembangan karir sangat penting bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Siapa sebenarnya yang paling bertanggung jawab terhadap pengembangan karier karyawan, dan mengapa hal ini menjadi isu strategis di perusahaan ?

 

Menurut pendapat saya yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan karir karyawan yaitu Manajer HRD (human resource department), tugas manajer HRD yaitu mempertahankan struktur kerja yang sudah ada dengan selalu melakukan pembaharuan dan pengembangan terhadap deskripsi pekerjaan pada setiap jabatan. Yang menjadikan hal ini sebagai isu strategis karena manajer HRD merupakan orang yang mengetahui semua kegiatan SDM yang berada pada perusahaan.


3. Apakah manajemen talenta diperlukan diperusahaan? Apa manfaat yang dapat diperoleh dari manajemen talenta? Bagaimana sebuah bisnis dapat melakukannya?


 

Manajemen talenta sangat diperlukan dalam perusahaan karena akan dapat diketahui potensi potensi yang dimiliki oleh para karyawan atau pekerja, dengan mengetahui potensi yang dimiliki oleh karyawan dapat dengan mudah menempatkan karyawan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Dengan mengadakan pelatihan untuik para karyawan atau pekerja sehingga dapat dilihat sejauh mana potensi yang dimiliki oleh para karyawan.


4. Mengapa perusahaan perlu menerapkan total quality management (TQM)? Bagaimana sebaiknya implementasi total quality menagemen (TQM) di perusahaan ?

Total Quality Management (TQM) perlu diterapkan karena merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk mamaksimalkan daya saing  perusahaan melalui perbaikan terus-menerus, perusahaan menkankan pelaksanaan kerjaan secara kolktif dan lintas fungsional, membuka peluang untuk pelatihan karyawan kepuasan pelanggan, dan mutu .

Implementasi total quality management (TQM) yang baik diperusahaan yaitu :

Mengadakan pelatihan untuk para karyawan.

1.     Tidak tergesa-gesa dalam menerapkan TQM

2.     Tidak memulai implementasi TQM jika manajemen dalam sebuah perusahaan belum benar.

3.     Merapkan kualitas yang baik.

4.     Menjaga kepuasan pelanggan.


5. Di Indonesia begitu banyak orang yang berpendidikan tinggi, akan tetapi sebagian besar perusahaan Indonesia dimiliki pihak asing, coba analisis apa sebabnya dan apa kaitannya dengan kualitas SDM di Indonesia ?

Menurut pendapat saya kurang dihargainya SDM yang berpendidikan di Indonesia sehingga banyak SDM yang lebih memilih untuk bekerja di luar negeri dibandingkan dengan di indonesia,  dan  penyebab perusahaan Indonesia dimiliki asing karena kurang nya modal yang dimiliki sehingga cenderung sulit untuk SDM Indonesia yang memiliki wawasan yang sangat luas untuk mengembangkan usaha yang dimiliki dan lebih memilih untuk bekerja pada perusahaan asing dari pada mengembangkan usaha sendiri.


6.Menurut anda bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia ?

Langkah langkah meningkatkan kualitas SDM di Indonesia :

1.     Memberikan pelatihan kepada SDM agar memiliki wawasan yang luas

2.     Mengadakan seminar

3.     Meningkatkan keterampilan untuk meningkatkan kualitas SDM

4.     Adanya Standar kompetisi dalam kualitas SDM 


7. Siapakah figur orang Indonesia yang anda idolakan dan menurut anda apakah yang bersangkutan aset bagi bangsa ini? Mengapa?

Figur orang Indonesia yang saya idolakan yaitu Bob Sadino karena beliau memiliki prinsip hidup yang sangat bagus dan mengapa Beliau bersangkutan dengan Aset Bangsa ini karena dengan usaha yang beliau dirikan dapat meningkatkan asset yang Negara Indonesia miliki, selain tekun, kebijakan kebijakan yang beliau miliki sangat berpengaruh baik untuk para karyawannya.


8. Siapakah figur orang Indonesia yang diakui dimata Internasional karena kualitas dan intelektualitasnya? Bagi anda apakan figure ini memberikan motivasi untuk meningkatkan SDM kita ?

Bacharudiddin Jusuf Habibie merupakan orang yang diakui dimata internasional karena kualitas intelektualnya,beliau memiliki skill  yang sangat cemerlang dengan skill  cemerlangnya beliaupun mendapatkan kedudukan terhormat, baik secara materi maupun intelektualitasnya. Figur  Bacharudiddin Jusuf Habibie sangat member kan motivasi untuk dapat terus meningkatkan SDM karena beliau mampu menjadikan insinyur Indonesia untuk bekerja di MBB berkat rekomendasi bliau, hal ini pun dilakukan untuk mempersiapkan skill dan pengalaman (SDM) para insinyur Indonsia.


9. Andaikan anda seorang manajer personalia, orang seperti apa yang akan anda rekrut ke dalam perusahaan?

Kriteria orang yang saya butuhkan dan akan saya rekrut dalam perusahaan saya yaitu :

1.     Orang memiliki rasa tanggung jawab yang sangat besar

2.     Memiliki wawasan yang luas

3.     Berjiwa kreatif

4.     Memiliki sifat jujur

5.     mampu bekerjasama dalam team

6.     berdedikasi tinggi terhadap perusahaan

7.     Memahami teknologi


10. Karena tidak ada orang smpurna, kkurangan seperti apa yang bisa ditoleransi dari sifat seseorang sehingga perusahaan masih bisa berkembang?

Kekurangan yang masih bisa ditoleransi oleh suatu perusahaan sehinggan perusahaan masih bisa berkembang :

1.     Kesalahan dalam menginput data yang berkaitan dengan data perusahaan.

2.     Kurang fokusnya karyawan pada saat jam tertentu

3.     Berdiskusi tentang hal yang tidak ada sangkutannya dengan perusahaan.


11. Bagaimana cara mempertahankan orang-orang  yang berkinerja unggul didalam perusahaan ?

Cara  mempertahankan orang yang unggul  di dalam suatu perusahaan yaitu :

 1. Respect adalah sikap menganggap, memandang, atau mempertimbangkan karyawan. Respect merupakan pondasi dalam mempertahankan karyawan yang unggul. Recognition & rewards tidak akan bermakna banyak bila Anda tidak menghormati karyawan.

2. Recognition adalah sikap memperhatikan. Kurang pekanya manajemen terhadap kebutuhan dan reaksi karyawan biasanya merupakan awal dari permasalahan dalam mempertahankan karyawan. Sebagian besar perusahaan mengartikan recognition sebagai penghargaan terhadap prestasi atau tanda terima kasih, misalnya dengan memberikan hadiah. Namun, dalam arti yang lebih luas, pengakuan terhadap karyawan harus ditunjukkan dengan sikap atau perilaku yang mencerminkan penghargaan.

3. Penghargaan, yang dimaksud di sini, adalah sesuatu yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang bukan berupa gaji. Penghargaan yang baik akan mendorong karyawan senang datang ke kantor untuk bekerja keras demi perusahaan.


12. Apa yang digunakan untuk mengukur kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan ? metode apa yang anda gunakan seandainya anda seorang pemimpin perusahaan ?

Cara mengukur kinerja karyawan dalam suatu perusahaan yaitu :

  • Mengamati hasil kerja karyawan
  • Membuat daftar indikator yang mencakup kinerja karyawan
  • Membuat standar penilaian kinerja karyawan.

Metode yang digunakan dalam mengukur kinerja karyawan dengan metode

1.     Metode penilaian umpan balik 360-derajat yaitu Meliputi masukan evaluasi dari banyak level dalam perusahaan sebagaimana pula dari sumber-sumber eksternal. Dalam metode ini, orang-orang di sekitar karyawan yang dinilai bisa memberikan nilai, termasuk manajer senior, karyawan itu sendiri, atasan, bawahan, anggota tim, dan pelanggan internal atau eksternal.

2.     Metode skala penilaian (rating scales method) yaitu Metode yang menilai kinrja pegawai dengan menggunakan skala untuk mengukur faktor-faktor kinerja (performance factor) Misalnya dalam mengukur tingkat inisiatif dan tanggung jawab pegawai. Skala yang digunakan adalah 1 sampai 5, yaitu 1 adalah yang terburuk dan 5 adalah yang terbaik. Jika tingkat inisiatif dan tanggung jawab pegawai tersebut biasa saja, maka ia diberi nilai 3 atau 4 dan begitu seterusnya untuk menilai faktor-faktor kinerja lainnya.

3.     Metode insiden kritis (critical incident method) yaitu Metode penilaian kinerja yang membutuhkan pemeliharaan dokumen-dokumen tertulis mengenai tindakan-tindakan karyawan yang sangat positif dan sangat negatif. Ketika tindakan tersebut, yang disebut insiden kritis, mempengaruhi efektivitas departemen sacara signifikan, secara positif ataupun negatif, manajer mencatatnya. Pada akhir periode penilaian, penilai menggunakan catatan-catatan tersebut bersama dengan data-data lainnya untuk mengevaluasi kinerja karyawan.

4.     Metode esai (essay method) yaitu Penilai menulis narasi singkat yang menggambarkan kinerja karyawan. Metode ini cenderung berfokus pada perilaku ekstrim dalam pekerjaan karyawan alih-alih kinerja rutin harian. Penilaian jenis ini sangat bergantung pada kemampuan si penilai dalam menulis.

5.     Metode standar kerja (work standards method) yaitu Membandingkan kinerja setiap karyawan dengan standar yang telah ditetapkan atau tingkat output yang diharapkan. Standar-standar mencerminkan output normal dari seorang karyawan rata-rata yang bekerja dengan kecepatan normal.

1.     Metode untuk menentukan standar kerja:

    • Studi waktu (time study)
    • Pengambilan sampel pekerjaan (work sampling).

      6. Metode peringkat (ranking method) yaituPenilai menempatkan seluruh karyawan dari sebuah kelompok dalam urutan kinerja keseluruhan. Sebagai contoh, karyawan terbaik dalam kelompok diberi peringkat tertinggi, dan yang terburuk diberi peringkat terendah. Anda mengikuti prosedur ini hingga Anda memeringkat semua karyawan.  Kesulitan timbul ketika semua orang bekerja pada tingkat yang sebanding (sebagaimana dipersepsikan oleh si evaluator).


13. Apa perbedaan career planning dan career management ? jelaskan !

Perbedaan career planning dan career management  yaitu :

Managemen career adalah suatu proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk menentukan rencana dan mencapai tujuan-tujuan karirnya sedangkan career management adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir. Career management melibatkan semua pihak termasuk pegawai yang bersangkutan dengan unit tempat pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan.


14. Jika anda menemukan sekumpulan orang-orang bertalnta, kebijakan seperti apa yang akan anda terapkan untuk merekrut orang-orang yang bertalenta tersebut?

Kebebijakan yang akan saya terapkan untuk merekrut orang yang bertalenta yaitu kebijakan tentang status calon pegawai, yang berarti perusahaan mengutamakan calon karyawan yang memiliki talenta, karena dengan adanyanya karyawan yang memiliki talenta akan mempengaruhi kualitas perusahaan.


15. Jelaskan apa saudara ketahui tentang dimensi kualias pelayanan dan Total Quality Service!

Dimensi kualitas pelayanan adalah kualitas pelayanan yang berfokus pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaianya untuk mengimbangi harapan pelanggan.

Dimensi kualitas pelayanan dibagi menjadi 5 dimensi SERVQUAL yaitu :

  • Tangibles (bukti fisik) yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal. Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan dan keadaan lingkungan sekitarnya adalah bukti nyata dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa. Yang meliputi fasilitas fisik (gedung, gudang, dan lain sebagainya), perlengkapan dan peralatan yang dipergunakan (teknologi), serta penampilan pegawainya.
  • Reliability (kehandalan) yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan yang berarti ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua pelanggan tanpa kesalahan, sikap yang simpatik, dan dengan akurasi yang tinggi.
  • Responsiveness (ketanggapan) yaitu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas. 
  • Assurance (jaminan dan kepastian) yaitu pengetahuan, kesopansantunan, dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada perusahaan. Terdiri dari beberapa komponen antara lain komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompetensi, dan sopan santun.
  • Emphaty (empati)  yaitu memberikan perhatian yang tulus dan brsifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Dimana suatu perusahaan diharapkan memiliki pengertian dan pengetahuan tentang pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan secara spesifik, serta memiliki waktu untuk pengoperasian yang nyaman bagi pelanggan. 

 

Total Quality Service (TQM) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk memberikan pelayanan yang  berkualitas kepada orang yang berkepentingan dengan pelayanan, yaitu pelanggan,pegawai dan pemilik.

Dalam Total Quality Service (TQM) memiliki 5  elemen yaitu :

1.     Penelitian pasar dan pelanggan. Elemen pertama ini merupakan penelitian untuk mengetahui dtruktur pasar, segmen pasar, demigrafis, analisis pasar potensial analis kekuatan pasar, mengetahui harapan dan keinginan pelanggan atas pelayanan yang di berikan.

2.     Penyusunan Strategi. Elemen kedua yang merupakan petunjuk arah dalam memberikan  pelayanan berkualitas kepada pelanggan sehingga perusahaan dapat mempertahankan  pelanggan bahkan memperoleh pelanggan baru.

3.     Pendidikan, Pelatihan dan Komunikasi.  Merupakan elemen ketiga yang berbentuk tindakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya  manusia agar mampu memberikan pelayanan berkualitas.

4.     Proses perbaikan adalah desan ulang berkelanjutan untuk menyempurnakan proses pelayanan konsep P-D-C-A dapat di terapkan dalam perbaikan  proses pelayanan berkelanjutan ini.

5.     Penilaian. Pengukuran dan Feedback. Elemen yang merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari penilaian dan pengukuran kinerja yang telah di capai karyawan atas pelayanan yang  di berikan kepada pelanggan.

Popular posts from this blog

Resume Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Informasi yang paling banyak di cari di internet