Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 16
Pengguna
internet di Planet Bumi secara global berdasarkan populasi kawasan di tahun
2013 sebesar 39%, dengan sebaran yang menunjukan di Negara—negara Eropa sebesar
75%, Amerika 61%, Russia 52%, Negara-negara Arab 38%, Asia Pasifik 32%, dan
Afrika 16%. Dan ini akan terus semakin meningkat dari tahun ke tahun
berikutnya.
2. Bagaimana pengguna internet di Indonesia hingga tahun 2013? Bagaimana kolerasinya terhadap pengguna media social? Prediksi pengguna internet di Indonesia hingga tahun-tahun mendatang?
Perkembangan
IT di Indonesia hingga tahun 2013 berdasarkan data BPS dapat ditunjukan dengan
jumlah penduduk Indonesia yang sudah mengakses internet sebanyak 30,66%, jumlah
penduduk yang sudah mengakses internet berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS)
bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)
mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir 2013
sudah mencapai 83 juta orang. Terkait kolerasi dengan pengguna media sosial
sangat dominan karena sesuai dengan data statistic bahwa Negara Indonesia pada
tahun 2013 memiliki pengguna media sosial dengan 65 juta facebook dan 29 juta
Twitter. Angka ini akan terus meningkat hingga tahun 2015 di prediksi akan
melampaui angka 100 Juta pengguna.
3. Jelaskan pola pengguna internet di Indonesia! Bagaimana tahunan pengguna internet?
Pola
penggunaan internet di Indonesia terutama terbesar digunakan untuk mengirim
atau menerima e-mail, mencari informasi berita, mencari informasi barang atau
jasa, mencari informasi lembaga pemerintahan, social media, menyediakan
pelayanan bagi pelanggan, dan berbagai aktivitas lainnya.
4. Dalam membangun suatu usaha atau perusahaan sangat penting adanya situs guna mendukung ketersediaan dan kecepatan informasi sampai ke public. Jelaskan apa manfaat situs bagi suatu bisnis atau organisasi! Apa saja yang perlu saudara perhatikan saat membangun situs?
1.
Manfaat situs
2.
Publikasi interaktif
3.
Dukungan konsumen
melalui e-mail
4.
Meningkatkan hubungan
dengan konsumen yang telah ada dan menarik klien baru
5.
Menghasilkan
ketertarikan dan membangun kepedulian pada produk,jasa, atau organisasi anda
6.
Mengadakan penelitian
pasar
7.
Menjual produk dan jasa
online
8. Menyediakan informasi dan ketersediaan dan ketersediaan produk yang terbaru
Hal-hal
yang perlu diperhatikan saat membangun situs:
1.
Hindari dash dalam
domain; hal tersebut membingungkan sebuah alamat situs
2.
Kunjungi situs pesaing
dan kumpulkan ide-ide berguna untuk situs anda
3.
Membaca pada layar
melelahkan mata, jadi pertahankan agar tekas dapat terbaca
4.
Daftarkan dengan
direktori internet untuk meyakinkan situs anda terpublikasi
5.
Perbarui informasi dalam
situs anda secara rutin.
6.
Tentukan produk anda
yang mana yang cocok untuk penjualan online
7.
Ciptakan sebuah nama
domain yang mudah dieja dan diingat
8.
Rancang situs semenarik
mungkin agar pengunjung kembali lagi
5. Bisnis komersial elektronik sedang booming saat ini. Jelaskan analisis saudara mengapa demikian? Bagaimana prospek e-commerce di Indonesia?
Karena
di zaman sekarang masyarakat dunia lebih memilih suatu hal yang praktis di
bandingkan harus repot-repot berbelanja ke pasar, dengan adanya e-commerce maka
proses berbelanja dengan praktis dan simple. Konsumen juga menginginkan berbelanja
multichannel yang memungkinkan mereka untuk berbelanja dan menyelesaikan
transaksi dalam media yang mereka inginkan. Prospek e-commerce di Negara
Indonesia sangat cerah dilihat dari jumlah penduduk yang sangat banyak, Negara
Indonesia memiliki tingkat konsumsi yang begitu tinggi yang menimbulkan
melonjak nya permintaan dibandingkan penawaran.
6. Bagaimana kiat-kiat meningkatkan konsumen di dunia maya? Dalam komunikasi dengan relasi bisnis melalui e-mail, hal apa saja yang perlu kita lakukan?
Untuk meningkatkan konsumen di dunia maya, maka hendaknya kita melakukan hal-hal berikut ini:
1. Memberikan konsumen
kenyamanan dalam situs kita
2. Menjelaskan cara
pembayaran dengan kartu kredit secara aman
3. Membuat perjanjian
dengan konsumen atau pernyataan hak-hak untuk meningkatkan konsumen
4.
yang berpikir bahwa lewat e-commerce belanja mereka aman.
5. Menerangkan secara
jelas mengenai aturan anda dalam pengembalian dana
6. Memublikasikan
procedure complain.
7. Memasukan alamat,
telepon, dan nomor faksimili, dan sebuah kontak nama, sehingga bila diperlukan
konsumen memiliki referensi lain yang untuk dihubungi
8. Meyakinkan bahwa cerita-cerita menakutkan mengenai penipuan dan peningkatan pesanan yang tidak dipenuhi tidak akan terjadi di tempat kita.
Hal-hal yang perlu
dilakukan ketika berkomunikasi dengan konsumen, diantaranya
1. Lakukan perbaruan
e-mail, informasi, penawaran special, atau detail dari produk kita.
Kelola detail konsumen
terbaru.
2. Data daftar e-mail
terbaru dan temukan permintaan yang benar untuk mendapatkan kontaknya.
3. Buat penghindaran yang sederhana sehingga
konsumen dapat bertanya untuk dihapus dari daftar email jika mereka
menginginkannya.
4. Hindari pesan kotor atau pesan sampah, (dikenal sebagai
spam).
7. Di dunia online dimana konsumen tidak dapat melihat atau menyentuh produk saudara, nilai merek saudara-lah yang menciptakan kepercayaan diri dan mendorong kosumen untuk memulai bisnis dengan anda. Bagaimana sauadara membangun komunikasi dengan konsumen melalui merek tersebut?
Dengan
mamasangkan iklan penjualan yang kreatif dan inovatif, dan jika memungkinkan
finansial maka membuat iklan dengan bantuan salah satu artis daerah atau kota
untuk mencuptakan efek baik terhadapa produk yang saya pasarkan, sehingga
dengan begitu konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang saya jual.
8. Sebutkan kekuatan dan kelemahan penjualan di internet!
Kekuatan
:
1.
Menyampaikan sejumlah
besar informasi.
2.
Menyediakan sebuah jalan
pada pasar yang baru
3.
Mampu meraih timbal
balik yang langsung dari konsumen
4.
Sejumlah “penyerang”,
atau pengunjung, yang tertarik dapat diukur.
5. Tersedia 24jam – internet tidak pernah tidur.
Kelemahan:
1.
Penipuan menampilkan
permasalahan-permasalahan bagi penjual dan pembeli
2.
Pembeian secara online
hanya focus kepada beberapa konsumen.
3.
Hacking dan virus
merupakan ancaman yang akan selalu ada.
9. Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi telah memudahkan masyarakat dunia membangun jejaring sosial diantara mereka. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang jenis dan penggunaan jejaring sosial baik di Indonesia maupun mancanegara hingga tahun 2013!
Jenis
jejaring sosial yang sangat dominan saat ini di Negara Indonesia masih di
duduki oleh Facebook dengan jumlah pengguana mencapai 69 juta di tahun 2014.
Yang kedua diduduki oleh sosial media Twitter dengan jumlah pengguna mencapai
50 Juta di tahun 2014. Menurut survei yang dilakukan Silverpop, rata-rata
jejaring sosial mengalami kenaikan dalam enam tahun terakhir. Namun ada 1
jejaring sosial yang disematkan julukan the rising star yakni Instagram. Dan
berikut diantaranya:
1.
Facebook adalah Jejaring
sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan
pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan
beberapa platform lain di situs ini.
2.
Twitter adalah
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah
pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di
kalangan netizen khususnya pengguna mobile.
3.
Google+ Google pun
tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta
pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.
4.
Weibo didirikan Agustus
2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai
Twitter-nya China.
5.
RenRen Jika AS miliki
Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri,
yakni RenRen. Didirikan
Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna.
6.
LinkedIn adalah Jejaring
sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional. Menghubungkan
antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan. Kini miliki 175 juta
pengguna.
7.
Badoo didirikan tahun
2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut
sebagai social discovery website.
8.
Instagram adalah
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Tak hanya sebuah
jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini
miliki 100 juta pengguna.
9.
Yelp Yelp sering disebut
jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi
lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna.
10.
Tumblr adalah Jejaring
sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain
macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna.
11.
Flickr adalah situs
berbagi foto ini kini miliki 75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di
kalangan pecinta fotografi.
12.
Orkut tak banyak yang
tahu jika Orkut adalah jejaring sosial lain milik Google. Meski jumlah
pengguanya tak banyak, setidaknya mampu menarik 66 juta pengguna.
13.
MySpace masih memiliki
gaung dengan 25 juta pengguna. Kini mereka lebih fokus ke ranah social music.
14.
Foursquare adalah
Jejaring sosial berbasis lokasi ini kini miliki 25 juta pengguna. Kini jejaring
sosial tersebut mampu menembus 3 miliar check-in.
15.
Pinterest adalah
Jejaring sosial ini tergolong baru. Namun mampu menarik 25 juta pengguna saat
ini. Pinterest sering disebut situs pin online.
16.
Soundcloud sering
disebut sebagai jejaring sosial berbasis audio. Didirikan bulan Agustus 2007,
kini jejaring sosial tersebut miliki 20 juta oengguna.
17.
XING Serupa dengan
LinkedIn, XING juga kerap digunakan di kalangan profesional pekerja. Saat ini miliki 12 juta pengguna.
18.
Friendster sempat
menjadi primadona, Friendster kini fokus ke ranah social game. Kini Friendster
miliki 8,2 juta pengguna.
19.
Path disebut sebagai
smart jounal online, Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga,
kerabat, dan sahabat. Saat ini miliki 5 juta pengguna.
20.
GetGlue miliki 3 juta
pengguna, GetGlue sempat populer di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kini
namanya tenggelam dan jarang terdengar lagi.
10. Jelaskan apa saja yang termasuk dalam kategori cyber crime!
Kategori
Cybercrime, antaralain:
1.
Cyberpiracy adalah
penggunaan teknologi komputer untuk : mencetak ulang software atau informasi;
mendistribusikan informasi atau software tersebut melalui jaringan computer.
2.
Cybertrespass adalah
penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan akses pada: Sistem komputer
sebuah organisasi atau individu; website yang di-protect dengan password.
3.
Cybervandalism adalah
penggunaan teknologi komputer untuk membuat program yang : Mengganggu proses
transmisi informasi elektronik; Menghancurkan data di computer.
12. Dalam undang-undang ITE tersebut, bagaimana ketentuan terkait domain , HAKI, dan Privasi ?
1.
Nama Domain didasarkan
atas prinsip pendaftar pertama (pasal 23 ayat 1)
2.
Penggunaan domain tanpa
hak dapat digugat (pasal 23 ayat 2)
3.
Pengelola domain :
pemerintah dan masyarakat (pasal 23 ayat 3)
4.
Pengelola domain asing
harus diregistrasi “(pasal 23 ayat 5)\
5.
IE merupakan Kreasi
Intelektual yang dilindungi HAKI (pasal 24)\
6.
Pengguna informasi yang
bersifat pribadi harus dilakukan berdasarkan persetujuan (pasal 25)
13. Apa saja perbuatan yang dilarang dalam undang-undang informasi dan transaksi elektronik tersebut ? jelaskan !
- Pasal 27 (Illegal Content);
Dilarang
memuat konten: Perjudian, melanggar kesusilaan, pencemaran nama baik, pemerasan
atau pengancaman
- Pasal 28 (illegal content) :
Berita
sesaat atau bohong berakibat kerugian pada konsumen. Kebencian dan permusuhan
terhadap SARA.
- Pasal 29 (illegal content):
Dilarang
memuat konten ancaman kekerasan dan menakuti secara pribadi (cyberstalking)
- Pasal 30 (illegal access)
- Pasal 31 (illegal interception)
- Pasal 32 gangguan terhadap data (data interference)
- Pasal 33 gangguan terhadap system elektronik (system
interference)
- Pasal 34 penyalahgunaan alat dan perangkat (misused of
device)
- Pasal 35 pemalsuan informasi/dokumen elektronik
(computer related fraud)
- Pasal 36 (menimbulkan kerugian)
Tren
teknologi di tahun-tahun mendatang sangat maju dikarenakan akan ada banyak
sekali inovasi-inovasi yang akan bermunculan, manusia akan lebih dimanjakan
oleh teknologi informasi sehingga tidak perlu susah payah mengeluarkan tenaga
untuk melakukan suatu kegiatan baik untuk individu maupun secara sosial,
teknologi informasi sangat dibutuhkan di era-modern.
15.
Uraikan dan jelaskan apa yang saudara ketahui perihal kaleidoskop teknologi
tahun 2013!
Cukup
banyak inovasi yang bermunculan pada bidang teknologi informasi di tahun 2013,
diantaranya :
- Gaya hidup
Contoh
: Google glass
Sebelumnya tak banyak yang tahu apa itu wearable gadget, sebelum akhirnya Google memperkenalkan kaca pintaranya. Ya, ini bukan alat bantu mata, namun sudah disematkan dengan kecanggihan Android.
Google
glass yang saat ini masih dalam tahap uji coba secara terbatas, memang
memperlihatkan bagaimana kecanggihan teknologi berpadu dengan alat yang dekat
dengan kehidupan sehari-hari.
Mungkin setelah ini, akan banyak bermunculan wearable gadget lainnya. Tak hanya kacamata, tapi juga wig sampai pakaian dalam.
Lebih
dari itu, Google glass akan membuka jalan untuk memproduksi wearable gadget
secara massal. Yang diuntungkan tentu saja masyarakat, karena mendapatkan harga
yang semakin terjangkau.
- Keamanan dan privasi (kasus penyadapan)
Kelompok Anonymous di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia, sangat sibuk tahun lalu, dan semuanya diawali dari terungkapnya berita bahwa Australia sudah memata-matai Indonesia selama beberapa lama. Berita itu memicu amarah hacker Indonesia sehingga mereka meng-hack lebih dari 170 situs Australia secara acak.
Masalah
ini membesar ketika Anonymous Australia memperingatkan hacker Indonesia agar
memusatkan amarah mereka pada pihak yang memang bertanggung jawab atas perkara
sebenarnya: pemerintah Australia. Kedua kelompok Anonymous ini akhirnya bekerja
sama untuk menjatuhkan situs Secret Intelligence Service milik Australia.
- Bisnis
Market
place ada dimana-mana, dengan tutupnya Multiply, ranah marketplace e-commerce
sempat menjadi ajang persaingan dua perusahaan, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.
Tapi saingan-saingan baru kemudian muncul. Sekarang ada tiga nama baru di ranah
e-commerce Indonesia: Lamido milik Rocket Internet, Blanja milik eBay, dan
Elevenia milik XL Axiata. 2014 akan menjadi tahun yang berat untuk semua pihak
yang terlibat karena harus memperebutkan penjual dan juga pembeli. Menariknya,
ketiga situs baru ini sama-sama muncul di bulan November tahun lalu.
- Produk baru
Teknologi
Augmented Reality (game oculust)
Dirilisnya PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One memang menjadi momentum kebangkitan platform konsol di industri game dunia. Setelah mati suri selama hampir sewindu sejak era PS3 dan Xbox 360, kini platform konsol kembali bergelora.
Namun ditahun 2014 mendatang, diperkirakan bukan saja platform konsol yang akan menjadi tren di industri game. Ada sebuah inovasi mutakhir yang diyakini akan menjadi sebuah tren dan inovasi baru di industri game.
Salah satunya yang sudah mulai dikenal oleh orang banyak adalah penggunaan teknologi Augmented Reality dalam memperkaya pengalaman gameplay pengguna.
Teknologi Augmented Reality (AR) sebenarnya memang bukan inovasi baru dijagat teknologi. Teknologi ini sempat diperkenalkan pada publik di ajang CES 2013 awal tahun ini yang dikembangkan Oculust VR. Mereka menciptakan sebuah perangkat headset virtual reality bernama 'Oculus Rift' yang dapat terkoneksi dengan konsol game, PC, atau bahkan perangkat mobile.