Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 12


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 12
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Mengapa kepemimpinan (Leadership) penting bagi sebuah bisnis ?

Karena kepemimpinan memiliki fungi, diantaranya sebagai berikut :

  • Pemimpin sebagai eksekutif

Fungsinya adalah menerjemahkan kebijaksanaan menjadi suatu kegiatan, dia memimpin dan mengawasi tindakan orang-orang yang menjadi bawahannya dan membuat keputusan-keputusan yang kemudian memerintahkannya untuk dilaksanakan

  • Pemimpin sebagai penengah

Tanggungjawab keadilan terletak di tangan pemimpin dengan keahliannya yang khas dan ditunjuk secara khusus.

  • Pemimpin sebagai penganjur

Adalah sejenis pemimpin yang memberi inspirasi kepada orang lain.

  • Pemimpin sebagai ahli

Dapat dianalogikan sebagai instruktur atau seorang juru penerang, berada dalam posisi khusus dalam hubungannya dengan unit sosial dimana di bekerja.

  • Pemimpin diskusi

Kepemimpinan yang demokratis dimana komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Seseorang yang secara lengkap memenuhi kriteria kepemimpinan demokratis ialah orang yang menerima peranannya sebagai pemimpin diskusi.


2. Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri yang dimiliki pemimpin itu. Hal ini turut menentukan keberhasilan bisnis. Mengapa ?

Sebagai pemimpin harus menjadi contoh  terhadap anggotanya dan menjadikan bahwa pemimpin memang orang yang sangat berpangaruh dalam suatu perusahaan. Karena dari seorang pemimpin sendiri yang akan menentukan kualitas perusahan. Bila pemimpin tersebut tidak memiliki sifat kemimpinan dalam mengendalikan perusahaan maka perusahaan tersebut akan mengalami kualitas yang sangat tidak kompetitif. Pengetahuan umum yang luas, daya ingat yang kuat, rasionalitas, objektivitas, pragmatisme, fleksibilitas, orientasi masa depan, rasa tepat waktu, ketegasan, keberanian, karena teori sifat sangat diperlukan oleh kepemimpinan yang menerapkan prinsip keteladanan.


3. Apakah pemimpin yang visioner memiliki jiwa kreatif ? Apa manfaat bagi perusahaan bila memiliki pemimpin yang visioner ?

Iya, karena pada hakikatnya kepemimpinan yang visioner adalah kepemimpinan yang mampu untuk menciptakan dan mengartikulasikan sebuah visi yang realistik, kredibel, dan mendorong para pengikutnya untuk tumbuh dan berkembang menuju masa depan perusahaan.


4. Motivasi karyawan dikatakan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Mengapa demikian ? Hal-hal apakah yang dapat dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan di saat menghadapi krisis ekonomi ?

Sebab karyawan dengan motivasi tinggi akan menghasilkan kinerja terbaik dan produktif, sebaliknya karyawan dengan motivasi rendah akan rendah kinerja dan produktivitasnya.

Hal-Hal manajemen perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan :

  • Jangan pelit dalam membagi informasi

Dalam masa-masa kritis, setiap orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan ingin mengetahui informasi sebanyak mungkin, terutama yang berhubungan dengan masa depan mereka di sana. Para karyawan ingin mengetahui dengan jelas apakah mereka akan bertahan di sana, ataukah mereka akan dipecat dan harus mencari pekerjaan di tempat lain.

  • Perbarui target, strategi, dan fokus perusahaan

Semua kinerja yang optimal dimulai dengan tujuan dan ekspektasi yang jelas. Dalam masa-masa sulit, seorang pemimpin  harus memprioritaskan dan mengevaluasi perusahaan dan karyawan dan memastikan mereka semua fokus mengerjakan hal-hal yang diperlukan.

  • Libatkan karyawan

Setelah para karyawan mendapat cukup informasi dari Anda selaku perusahaan, libatkanlah mereka untuk membangun perusahaan menjadi lebih mapan, stabil, dan kuat. Kumpulkanlah mereka dalam suatu sesi diskusi, jelaskan keadaan yang Anda hadapi, dan minta mereka menyampaikan ide-ide mereka untuk mengatasi keadaan tersebut.

  • Dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri

Dalam masa-masa sulit di mana seorang pemimpin perusahaan harus lebih fokus berpikir tentang strategi, karyawan-karyawan di dalamnya harus lebih mandiri dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Sikap mandiri ini setidaknya bisa meringankan beban manajer dan supervisor sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan inovasi. Biasakan karyawan Anda lebih tanggap dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Pastikan mereka tidak perlu lagi diberi instruksi berulang-ulang untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sama.

  • Jangan lupa untuk berterimakasih

Sebuah hal sederhana namun sering terlupakan. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus menyadari betapa pentingnya peran karyawan dalam masa-masa sulit yang harus dilalui. Karyawan yang tetap loyal dalam kondisi kritis adalah salah satu sumber utama kekuatan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berterimakasih kepada mereka yang memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Tak hanya terimakasih, Anda juga dapat memberikan berbagai apresiasi terhadap hal-hal yang sudah mereka lakukan.


5. Diantara sekian banyak figur pemimpin di negeri ini, kepemimpinan siapa yang paling Anda kagumi ? Mengapa ?

Soekarno seorang Presiden Pertama Negeri Ini yang sangat semangat dalam mengobarkan jiwa nasionalismenya. Soekarno, dari segi jejak perjalanan  perjuangan Soekarno sangatlah inspiratif dan membuat orang lain bersemangat untuk meraih apa yang dicita-citakannya.


6. Bagaimana gaya kepemimpinan figur tersebut menurut Anda ?

Gaya kepemimpinan beliau berorientasi pada moral dan etika ideologi yang mendasari Negara atau partai, sehingga sangat konsisten dan fanatic. Sifat kepemimpinan yang menonjol adalah penuh percaya diri, penuh daya tarik, inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru. Sehingga pada puncak kepemimpinannya, pernah menjadi panutan dan sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan dari bangsa-bangsa Asia dan Afrika serta melepas ketergantungan dari Negara-negara Barat.


7. Tipe kepemimpinan apa yang dimiliki figur tersebut ?

Tipe kepemimpinan Open Leadership dan Inisiatif dengan pengambilan keputusan yang tepat dan baik dan mengambil keputusan secara cermat.


8. Seandainya Anda menjadi seorang pemimpin coba analisis kelebihan dan kekurangan Anda !

Kelebihan :

1.     Tegas

2.     Pengelolaan keuangan yang baik

3.     Orientasi terhadap kepuasan anggota

4.     Aktif dalam berorganisasi

5.     Memiliki kemampuan seni yang kompetitif

6.     Berorientasi pada masa depan

Kelemahan :

1.     Komunikasi yang kurang berpengalaman

2.     Relasi yang masih terasa kurang sehingga susah dalam ekspansi hubungan

3.     Belum bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin

4.     Adaptibilitas yang masih kurang baik


9. Apakah Anda termasuk pemimpin yang memiliki visi ? Bagaimana Anda menjaga agar visi itu tetap hidup dan tersampaikan dengan baik kepada semua orang dalam organisasi Anda ?

Visi itu merupakan tujuan. Pada dasarnya visi itu sangat penting yaitu dengan mengomunikasikan secara antusias dan sesering mungkin, selalu mengaitkan dengan tujuan perusahan, memvisualisasikan manfaat-manfaatnya, dan merayakan setiap kejadian penting yang bermakna dalam perncapaian visi (milestones).


10. Seandainya Anda memiliki perusahaan restoran yang hampir bangkrut, upaya penyelamatan apa saja yang akan Anda lakukan ?

  • Pertama, kurangi pengeluaran yang tak perlu. Ketika usaha mengalami permasalahan dalam hal modal, maka sebisa mungkin kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting (misalnya saja menghindari pembelian mesin tambahan, dll). Fokuskan dana untuk kepentingan produksi, agar perputaran uangnya bisa cepat Anda dapatkan.
  • Kedua, lakukan kreasi dan inovasi untuk menciptakan peluang baru.
  • Ketiga, Harus turun gunung untuk mengawasi jalannya usaha dan berjuang bersama dengan para karyawan. Strategi ini menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi kegagalan yang telah terjadi, dan menjadi upaya untuk memotivasi para karyawan untuk berjuang bersama bangkit dari keterpurukan yang sedang dialami perusahaan.
  • Keempat, selamatkan usaha dengan mencari mitra usaha. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh yaitu mencari mitra usaha untuk mendapatkan solusi permasalahan yang dihadapi perusahaan.

11. Bagaimana Anda membuat karyawan Anda tetap termotivasi di tengah situasi ekonomi yang sulit dalam posisi Anda sebagai pemimpin ?

  • Jangan pelit dalam membagi informasi

Dalam masa-masa kritis, setiap orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan ingin mengetahui informasi sebanyak mungkin, terutama yang berhubungan dengan masa depan mereka di sana. Para karyawan ingin mengetahui dengan jelas apakah mereka akan bertahan di sana, ataukah mereka akan dipecat dan harus mencari pekerjaan di tempat lain.

  • Perbarui target, strategi, dan fokus perusahaan

Semua kinerja yang optimal dimulai dengan tujuan dan ekspektasi yang jelas. Dalam masa-masa sulit, seorang pemimpin  harus memprioritaskan dan mengevaluasi perusahaan dan karyawan dan memastikan mereka semua fokus mengerjakan hal-hal yang diperlukan.

  • Libatkan karyawan

Setelah para karyawan mendapat cukup informasi dari Anda selaku perusahaan, libatkanlah mereka untuk membangun perusahaan menjadi lebih mapan, stabil, dan kuat. Kumpulkanlah mereka dalam suatu sesi diskusi, jelaskan keadaan yang Anda hadapi, dan minta mereka menyampaikan ide-ide mereka untuk mengatasi keadaan tersebut.

  • Dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri

Dalam masa-masa sulit di mana seorang pemimpin perusahaan harus lebih fokus berpikir tentang strategi, karyawan-karyawan di dalamnya harus lebih mandiri dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Sikap mandiri ini setidaknya bisa meringankan beban manajer dan supervisor sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan inovasi. Biasakan karyawan Anda lebih tanggap dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Pastikan mereka tidak perlu lagi diberi instruksi berulang-ulang untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sama.

  • Jangan lupa untuk berterimakasih

Sebuah hal sederhana namun sering terlupakan. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus menyadari betapa pentingnya peran karyawan dalam masa-masa sulit yang harus dilalui. Karyawan yang tetap loyal dalam kondisi kritis adalah salah satu sumber utama kekuatan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berterimakasih kepada mereka yang memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Tak hanya terimakasih, Anda juga dapat memberikan berbagai apresiasi terhadap hal-hal yang sudah mereka lakukan


12. Jika Anda seorang pemimpin perusahaan, apa yang Anda gunakan sebagai ukuran dari kinerja karyawan Anda ?

Kita lihat dari kepuasan kerja dan semangat kerja karyawan sendiri. Kepuasan kerja adalah tingkatan kenikmatan yang diterima seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya. Sedangkan semangat kerja mencerminkan keseluruhan sikap karyawan terhadap lingkungan. Semangat kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti upah, tunjangan, lingkungan kerja, rekan kerja, dan kesempatan promosi


13. Carilah cara yang unik untuk menyebarkan harapan dan optimisme pada seluruh bagian organisasi Anda ! Jelaskan !

Selalu mengaitkan dengan tujuan perusahaan, memvisualisasikan manfaat-manfaatnya, jangan pelit dalam membagi informasi, dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri, dan jangan lupa untuk berterimakasih


14. Apabila Anda seorang karyawan, apresiasi seperti apa yang Anda harapkan dari pimpinan Anda ?

Dapat memenuhi semua kebutuhan karyawan sehingga menjadikan terciptanya kepuasan kerja dan semangat kerja untuk karyawan, memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi, memiliki prinsip keteladanan, dapat memanfaatkan umpan balik yang konkret dalam semua kegiatan yang dilakukan.


15. Pemimpin sejati harus dapat melahirkan bintang-bintang baru dengan mengontribusi nilai (value) kepada karyawan dan organisasinya. Jelaskan mengapa demikian !

Karena pemimpin akan dirasakan manfaatnya oleh orang lain bila ia mampu memberikan suatu manfaat bagi orang lain. Manfaat itu, yang terutama adalah memajukan orang-orang lain.

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi