Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 12
Karena kepemimpinan memiliki fungi, diantaranya sebagai berikut :
- Pemimpin sebagai eksekutif
Fungsinya adalah menerjemahkan kebijaksanaan
menjadi suatu kegiatan, dia memimpin dan mengawasi tindakan orang-orang yang
menjadi bawahannya dan membuat keputusan-keputusan yang kemudian
memerintahkannya untuk dilaksanakan
- Pemimpin sebagai penengah
Tanggungjawab keadilan terletak di tangan
pemimpin dengan keahliannya yang khas dan ditunjuk secara khusus.
- Pemimpin sebagai penganjur
Adalah sejenis pemimpin yang memberi
inspirasi kepada orang lain.
- Pemimpin sebagai ahli
Dapat dianalogikan sebagai instruktur atau
seorang juru penerang, berada dalam posisi khusus dalam hubungannya dengan unit
sosial dimana di bekerja.
- Pemimpin diskusi
Kepemimpinan yang demokratis dimana
komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Seseorang yang secara lengkap
memenuhi kriteria kepemimpinan demokratis ialah orang yang menerima peranannya
sebagai pemimpin diskusi.
2. Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri yang dimiliki pemimpin itu. Hal ini turut menentukan keberhasilan bisnis. Mengapa ?
Sebagai pemimpin harus menjadi contoh terhadap
anggotanya dan menjadikan bahwa pemimpin memang orang yang sangat berpangaruh
dalam suatu perusahaan. Karena
dari seorang pemimpin sendiri yang akan menentukan kualitas perusahan. Bila
pemimpin tersebut tidak memiliki sifat kemimpinan dalam mengendalikan
perusahaan maka perusahaan tersebut akan mengalami kualitas yang sangat tidak
kompetitif. Pengetahuan umum yang luas, daya ingat yang kuat, rasionalitas,
objektivitas, pragmatisme, fleksibilitas, orientasi masa depan, rasa tepat
waktu, ketegasan, keberanian, karena teori sifat sangat diperlukan oleh
kepemimpinan yang menerapkan prinsip keteladanan.
3. Apakah pemimpin yang visioner memiliki jiwa kreatif ? Apa manfaat bagi perusahaan bila memiliki pemimpin yang visioner ?
Iya, karena pada hakikatnya kepemimpinan yang
visioner adalah kepemimpinan yang mampu untuk menciptakan dan mengartikulasikan
sebuah visi yang realistik, kredibel, dan mendorong para pengikutnya untuk
tumbuh dan berkembang menuju masa depan perusahaan.
4. Motivasi karyawan dikatakan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Mengapa demikian ? Hal-hal apakah yang dapat dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan di saat menghadapi krisis ekonomi ?
Sebab karyawan dengan
motivasi tinggi akan menghasilkan kinerja terbaik dan produktif, sebaliknya
karyawan dengan motivasi rendah akan rendah kinerja dan produktivitasnya.
Hal-Hal manajemen perusahaan untuk
meningkatkan motivasi karyawan :
- Jangan pelit dalam membagi informasi
Dalam masa-masa kritis, setiap orang yang
bekerja dalam sebuah perusahaan ingin mengetahui informasi sebanyak mungkin,
terutama yang berhubungan dengan masa depan mereka di sana. Para karyawan ingin
mengetahui dengan jelas apakah mereka akan bertahan di sana, ataukah mereka
akan dipecat dan harus mencari pekerjaan di tempat lain.
- Perbarui target, strategi, dan fokus perusahaan
Semua kinerja yang optimal dimulai dengan
tujuan dan ekspektasi yang jelas. Dalam masa-masa sulit, seorang
pemimpin harus memprioritaskan dan mengevaluasi perusahaan dan
karyawan dan memastikan mereka semua fokus mengerjakan hal-hal yang diperlukan.
- Libatkan karyawan
Setelah para karyawan mendapat cukup
informasi dari Anda selaku perusahaan, libatkanlah mereka untuk membangun
perusahaan menjadi lebih mapan, stabil, dan kuat. Kumpulkanlah mereka dalam
suatu sesi diskusi, jelaskan keadaan yang Anda hadapi, dan minta mereka
menyampaikan ide-ide mereka untuk mengatasi keadaan tersebut.
- Dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri
Dalam masa-masa sulit di mana seorang
pemimpin perusahaan harus lebih fokus berpikir tentang strategi, karyawan-karyawan
di dalamnya harus lebih mandiri dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Sikap
mandiri ini setidaknya bisa meringankan beban manajer dan supervisor sehingga
mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan inovasi. Biasakan karyawan
Anda lebih tanggap dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Pastikan mereka
tidak perlu lagi diberi instruksi berulang-ulang untuk melakukan sebuah
pekerjaan yang sama.
- Jangan lupa untuk berterimakasih
Sebuah hal sederhana namun sering terlupakan.
Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus menyadari betapa pentingnya
peran karyawan dalam masa-masa sulit yang harus dilalui. Karyawan yang tetap
loyal dalam kondisi kritis adalah salah satu sumber utama kekuatan sebuah
perusahaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berterimakasih kepada mereka
yang memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Tak hanya terimakasih,
Anda juga dapat memberikan berbagai apresiasi terhadap hal-hal yang sudah
mereka lakukan.
5. Diantara sekian banyak figur pemimpin di negeri ini, kepemimpinan siapa yang paling Anda kagumi ? Mengapa ?
Soekarno seorang Presiden Pertama Negeri Ini yang sangat semangat
dalam mengobarkan jiwa nasionalismenya. Soekarno, dari segi jejak perjalanan perjuangan
Soekarno sangatlah inspiratif dan membuat orang lain bersemangat untuk meraih
apa yang dicita-citakannya.
6. Bagaimana gaya kepemimpinan figur tersebut menurut Anda ?
Gaya kepemimpinan beliau berorientasi pada
moral dan etika ideologi yang mendasari Negara atau partai, sehingga sangat
konsisten dan fanatic. Sifat kepemimpinan yang menonjol adalah penuh percaya
diri, penuh daya tarik, inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan
baru. Sehingga pada puncak kepemimpinannya, pernah menjadi panutan dan sumber
inspirasi pergerakan kemerdekaan dari bangsa-bangsa Asia dan Afrika serta
melepas ketergantungan dari Negara-negara Barat.
7. Tipe kepemimpinan apa yang dimiliki figur tersebut ?
Tipe kepemimpinan Open Leadership dan
Inisiatif dengan pengambilan keputusan yang tepat dan baik dan
mengambil keputusan secara cermat.
8. Seandainya Anda menjadi seorang pemimpin coba analisis kelebihan dan kekurangan Anda !
Kelebihan :
1.
Tegas
2.
Pengelolaan keuangan
yang baik
3.
Orientasi terhadap
kepuasan anggota
4.
Aktif dalam
berorganisasi
5.
Memiliki kemampuan seni
yang kompetitif
6. Berorientasi pada masa depan
Kelemahan :
1.
Komunikasi yang kurang
berpengalaman
2.
Relasi yang masih terasa
kurang sehingga susah dalam ekspansi hubungan
3.
Belum bisa memanfaatkan
waktu sebaik mungkin
4.
Adaptibilitas yang masih
kurang baik
9. Apakah Anda termasuk pemimpin yang memiliki visi ? Bagaimana Anda menjaga agar visi itu tetap hidup dan tersampaikan dengan baik kepada semua orang dalam organisasi Anda ?
Visi itu merupakan tujuan. Pada dasarnya visi itu sangat
penting yaitu dengan mengomunikasikan secara antusias
dan sesering mungkin, selalu mengaitkan dengan tujuan perusahan, memvisualisasikan
manfaat-manfaatnya, dan merayakan setiap kejadian penting yang bermakna dalam
perncapaian visi (milestones).
10. Seandainya Anda memiliki perusahaan restoran yang hampir bangkrut, upaya penyelamatan apa saja yang akan Anda lakukan ?
- Pertama, kurangi
pengeluaran yang tak perlu. Ketika usaha mengalami permasalahan dalam hal
modal, maka sebisa mungkin kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting
(misalnya saja menghindari pembelian mesin tambahan, dll). Fokuskan dana
untuk kepentingan produksi, agar perputaran uangnya bisa cepat Anda
dapatkan.
- Kedua, lakukan
kreasi dan inovasi untuk menciptakan peluang baru.
- Ketiga, Harus
turun gunung untuk mengawasi jalannya usaha dan berjuang bersama dengan
para karyawan. Strategi ini menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi
kegagalan yang telah terjadi, dan menjadi upaya untuk memotivasi para
karyawan untuk berjuang bersama bangkit dari keterpurukan yang sedang
dialami perusahaan.
- Keempat, selamatkan
usaha dengan mencari mitra usaha. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh
yaitu mencari mitra usaha untuk mendapatkan solusi permasalahan yang
dihadapi perusahaan.
11. Bagaimana Anda membuat karyawan Anda tetap termotivasi di tengah situasi ekonomi yang sulit dalam posisi Anda sebagai pemimpin ?
- Jangan pelit dalam membagi informasi
Dalam masa-masa kritis, setiap orang yang
bekerja dalam sebuah perusahaan ingin mengetahui informasi sebanyak mungkin,
terutama yang berhubungan dengan masa depan mereka di sana. Para karyawan ingin
mengetahui dengan jelas apakah mereka akan bertahan di sana, ataukah mereka
akan dipecat dan harus mencari pekerjaan di tempat lain.
- Perbarui target, strategi, dan fokus perusahaan
Semua kinerja yang optimal dimulai dengan
tujuan dan ekspektasi yang jelas. Dalam masa-masa sulit, seorang
pemimpin harus memprioritaskan dan mengevaluasi perusahaan dan
karyawan dan memastikan mereka semua fokus mengerjakan hal-hal yang diperlukan.
- Libatkan karyawan
Setelah para karyawan mendapat cukup
informasi dari Anda selaku perusahaan, libatkanlah mereka untuk membangun
perusahaan menjadi lebih mapan, stabil, dan kuat. Kumpulkanlah mereka dalam
suatu sesi diskusi, jelaskan keadaan yang Anda hadapi, dan minta mereka
menyampaikan ide-ide mereka untuk mengatasi keadaan tersebut.
- Dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri
Dalam masa-masa sulit di mana seorang
pemimpin perusahaan harus lebih fokus berpikir tentang strategi,
karyawan-karyawan di dalamnya harus lebih mandiri dalam melaksanakan pekerjaan
sehari-hari. Sikap mandiri ini setidaknya bisa meringankan beban manajer dan
supervisor sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan
inovasi. Biasakan karyawan Anda lebih tanggap dalam melaksanakan pekerjaan
sehari-hari. Pastikan mereka tidak perlu lagi diberi instruksi berulang-ulang
untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sama.
- Jangan lupa untuk berterimakasih
Sebuah hal sederhana namun sering terlupakan. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus menyadari betapa pentingnya peran karyawan dalam masa-masa sulit yang harus dilalui. Karyawan yang tetap loyal dalam kondisi kritis adalah salah satu sumber utama kekuatan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berterimakasih kepada mereka yang memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Tak hanya terimakasih, Anda juga dapat memberikan berbagai apresiasi terhadap hal-hal yang sudah mereka lakukan
12. Jika Anda seorang pemimpin perusahaan, apa yang Anda gunakan sebagai ukuran dari kinerja karyawan Anda ?
Kita lihat dari kepuasan kerja dan semangat
kerja karyawan sendiri. Kepuasan kerja adalah tingkatan kenikmatan yang
diterima seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya. Sedangkan semangat kerja
mencerminkan keseluruhan sikap karyawan terhadap lingkungan. Semangat kerja
dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti upah, tunjangan, lingkungan kerja,
rekan kerja, dan kesempatan promosi
13. Carilah cara yang unik untuk menyebarkan harapan dan optimisme pada seluruh bagian organisasi Anda ! Jelaskan !
Selalu mengaitkan dengan tujuan perusahaan,
memvisualisasikan manfaat-manfaatnya, jangan pelit dalam membagi informasi,
dorong pegawai untuk lebih fleksibel dan mandiri, dan jangan lupa untuk
berterimakasih
14. Apabila Anda seorang karyawan, apresiasi seperti apa yang Anda harapkan dari pimpinan Anda ?
Dapat memenuhi semua kebutuhan karyawan
sehingga menjadikan terciptanya kepuasan kerja dan semangat kerja untuk
karyawan, memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi, memiliki prinsip keteladanan,
dapat memanfaatkan umpan balik yang konkret dalam semua kegiatan yang
dilakukan.
15. Pemimpin sejati harus dapat melahirkan bintang-bintang baru dengan mengontribusi nilai (value) kepada karyawan dan organisasinya. Jelaskan mengapa demikian !
Karena pemimpin akan dirasakan manfaatnya oleh orang lain bila ia mampu memberikan suatu manfaat bagi orang lain. Manfaat itu, yang terutama adalah memajukan orang-orang lain.