Sistem informasi manajemen Traveloka

Sistem informasi manajemen Traveloka
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara jaringan dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Proses Pemesanan Tiket

Cara penerbangan

  • Mulai pencarian Anda dengan
  • memasukkan detail penerbangan.

Pilih dan pesan penerbangan

Detail penerbangan (nama maskapai, jadwal, harga tiket, dll.) dapat Anda lihat di halaman hasil pencarian.

Isi data kontak dan penumpang

Setelah memilih penerbangan Anda, isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data penumpang yang berangkat. Anda pun dapat menambahkan asuransi perjalanan langsung ke pesanan Anda.

Lakukan pembayaran

  • Beragam metode pembayaran tersedia.
  • Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda.

E-tiket dikirimkan

Setelah pembayaran sukses diterima, e-tiket resmi Traveloka akan kami kirimkan ke alamat email Anda dalam maks. 60 menit.

Proses Pemesanan Hotel

4 cara mudah mengajukan refund pada traveloka (PENERBANGAN DAN HOTE)

LOGIN

  • Login ke akun Traveloka Anda. Jika belum memiliki akun, Daftar Sekarang dengan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk memesan.
  • PESANAN SAYA
  • Pada halaman dashboard di akun Anda, pilih submenu Pesanan Saya.
  • CEK DETAIL PESANAN ANDA
  • Pilih pesanan yang ingin Anda refund, lalu klik tombol Detail.
  • ISI FORMULIR REFUND
  • Pada detail pesanan Anda, klik tombol Refund. Isi formulir refund dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Cara pengajuan Reschedule

  • Log in ke akun Traveloka Anda. Pada dasbor akun Anda, pilih submenu Pesanan Saya.
  • Klik Detail pada penerbangan yang hendak Anda ubah, lalu klik tombol Reschedule.
  • Pilih tanggal penerbangan atau hotel baru dan langsung pesan penerbangan / hotel baru Anda.
  • Konfirmasi harga akan dikirim melalui email atau notifikasi push, disertai tautan untuk melanjutkan ke pembayaran.
  • Harga total sudah termasuk Biaya Reschedule Traveloka dan biaya maskapai atau hotel.
  • Setelah proses reschedule selesai, e-tiket akan langsung dikirim ke Traveloka App dan email Anda.
  • selesai

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi maka akan mempermudah orang dalam melakukan kegiata dengan contoh adanya traveloka mempermudah untuk melakukan pemesanan tiket penerbangan dan hotel dengan cepat tanpa harus menghabiskan waktu untuk ke loket dan mengantri untuk membeli tiket akan tetapi dengan traveloka semuanya biasa di lakukan dengan cepat seperti semboyan dari traveloka cukup 5 menit sudah mendapatkan tiket penerbangan atau hotel.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi