Sistem informasi manajemen PT. LG Electronics Indonesia
Profile LG Electronics Indonesia PT
Company Name : LG Electronics Indonesia PT
Country : Indonesia
Sub Industry : - Consumer Electronics
-Appliance & Furnishing
LG Electronics Indonesia adalah salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada tahun 1985. Perusahaan yang bergerak di bidang elektronik ini pada awalnya merupakan kesepakatan antara Goldstar Korea dengan Astra Indonesia untuk membentuk perusahaan elektronik di Indonesia, yang bernama PT. Goldstar Astra Indonesia. LG Indonesia Industry Elektronik Didirikan 15 Desember 1990 Lokasi Gedung garuda Indonesia, Jakarta.
Setelah berjalan selama 2 tahun, tepatnya pada tahun 1998 kepemilikan saham PT LG Astra Electronics mengalami perubahan dengan dimilikinya seluruh saham Astra Indonesia oleh pihak LG Korea dan menyebabkan perubahan nama menjadi LG Electronics Indonesia yang merupakan 100% perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA).
Strategi Pemasaran Perusahaan
Dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya, PT LG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Kebijakan Produk
- Kebijakan Harga
- Kebijakan Distribusi
- Kebijakan Promosi
Beberapa strategi
yang dapat diterapkan di dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1.Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka penjualan tertentu, atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang lebih luas lagi.
2.Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini maupun menghasilkan produk baru.
SIM dalam Mengendalikan Inventori
PT. LG Electronics Indonesia memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics Indonesia yang berada di seluruh Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau dapat disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi dapat menggunakan portal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses tersebut berupa e-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electronics Indonesia. Namun, portal dan e-mail ini hanya dapat diakses di lingkungan perusahaan saja
Sistem informasi manajemen yang digunakan oleh PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS.
Fungsi Sistem Gdls
- Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi ekspedisi yang digunakan dalam pengiriman, barang-barang apa saja yang dikirim dan kapan waktu keberangkatan dan kedatangan barang setelah sampai di tujuan.
- Membuat jadwal-jadwal pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi zona tujuan, rute perjalanan dan no truk yang digunakan untuk melakukan pengiriman.
- Mendapatkan informasi mengenai jumlah persediaan barang yang tersedia di gudang perusahaan baik gudang pusat maupun cabang.
- Mengetahui apakah adanya pengembalian barang yang telah dikirim dikarenakan adanya barang yang tidak laku terjual ataupun barang yang telah rusak/cacat.
- Mengetahui berapa nilai barang yang telah dikirim atau diterima termasuk biaya loading barang ke gudang dan biaya tambahan lainnya.
Sistem Gdls (Global Digital Logistic System )
Sistem ini terdiri dari beberapa subsistem yang memiliki fungsi berbeda berdasarkan tujuan penggunaan data, antara lain :
- Delivery
- Cost
- Stock
- Return
Pengaruh Gdls (Global Digital Logistic System )
Dengan adanya system GDLS ini, seluruh pegawai PT. LG Electronics Indonesia dapat mengetahui bagaimana kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun cabang. Begitu pula, apabila terjadi masalah atau kesalahan yang berhubungan dengan inventori sehingga dapat segera diatasi langsung oleh pegawai yang berwenang. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas biaya dan kinerja perusahaan
Bagan Struktur Organisasi Subdivisi It Pt.Lg Electronics
Struktur Organisasi
Subdivisi IT Product Subdivisi IT Product dipimpin oleh
- Facilitator.
Facilitator
bertanggungjawab terhadap pekerjaan dan subdivisi yang dipegangnya.
- IT Product Manager
Pada IT Product Manager terdiri dari seksi-seksi sebagai berikut : Monitor Marketing, OSD Marketing, Projector&Notebook Marketing, Sales Support, Marketing Support, Market Inteligence, Product Dev&PSI, Project Sales, dan Brand Management Team. Gambar 3.2 menggambarkan struktur organisasi subdivisi IT Product
Sistem Informasi Pemasaran
Kesimpulan
LG Electronics (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan home appliances, terdiri dari lima unit bisnis-HomeEntertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk udara dan Business Solutions.Sistem yang digunakan oleh PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan tersebut dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS.
Sistem ini memiliki banyak manfaat seperti mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, membuat jadwal- jadwal pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, serta mempermudah dalam pemberian informasi mengenai keluar masuknya barang yang telah diprose
Comments
Post a Comment