Pengaruh Citra Merek Terhadap Pemasaran

Pengaruh Citra Merek Terhadap Pemasaran
Latar Belakang Masalah

Saat ini, konsumen sangat kritis dalam memilih suatu produk, sampai pada keputusan untuk membeli produk tersebut. Seperti yang kita ketahui, bahwa tawaran produk saat ini sangatlah beragam dan banyak. Pilihan yang semakin banyak ini membuat banyak konsumen dapat menentukan pilihannya akan suatu produk, dan loyal terhadap produk tersebut.

Keputusan untuk membeli suatu produk tergantung dari kualitas produk tersebut. Permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki demi mempertahankan citra merk produk yang mereka miliki.          

Citra merk sangat penting, karena jika citra sebuah merk adalah positif maka konsumen yang loyal terhadap produk tersebut pun akan banyak sehingga pemasaran pun akan meningkat. Sebaliknya, jika citra sebuah produk adalah negatif, maka konsumen pun akan berfikir ulang untuk menggunakan merk tersebut. Citra konsumen yang positif terhadap suatu merk bisa membuat konsumen melakukan pembelian. Brand yang lebih baik juga menjadi dasar untuk membangun citra perusahaan yang positif.

Berbagai upaya dilakukan perusahaan dalam rangka mempertahankan Brand Image yang mereka miliki di antaranya inovasi teknologi, keunggulan yang dimiliki produk tersebut, harga yang terjangkau dan promosi yang tepat sasaran. Ketika citra merek baik, maka akan berdampak  pada pemasaran.

Tujuan

Untuk mengetahuin pengaruh citra merek terhadap pemasaran.

Rumusan Masalah

Apa pengaruh citra merek terhadap pemasaran? 

Definisi Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu fungsi dari kegiatan pokok perusahaan,disamping fungsi yang lain selain seperti keuangan, produksi, dan personalia. Kegiatan pemasaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan agar barang atau jasa yang diproduksi dapat di nikmati oleh konsumen sebagai pihak yang membutuhkan. Disamping itu, kegiatan pemasaran juga bertujuan memperoleh laba yang maksimal untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Konsep Pemasaran

Pemasaran didefinisikan sebagai penjualan, periklanan dan promosi. Tujuan pemasaran agar konsumen lebih mengenal produk atau jasa tersebut, sehingga menjadi tertarik dan membeli jasa atau produk yang dipasarkan.

Konsep inti pemasaran 


Tujuan utama konsep pemasaran adalah membantu organisasi mencapai sebuah tujuan. Perusahaan mendapatkan laba dengan cara memuaskan kebutuhan pelanggan lebih baik dari pada yang dilakukan oleh pesaingnya.

Pengertian Merek

Merek merupakan identitas untuk membedakan produk perusahaan dengan produk yang dihasilkan oleh pesaing.

Merek sangat bermanfaat bagi konsumen dan produsen. Menurut Kotler (2003 : 38), salah satu peran merek bagi produsen adalah sebagai Sumber financial returns terutama untuk pendapatan masa depan. Sedangkan bagi konsumen, merek berfungsi sebagai identifikasi sumber  produk dan persetujuan dengan produsen.

Pengertian Citra

Citra adalah kesan yang ingin diberikan oleh perusahaan kepada publik untuk membuat sebuah opini public yang positif tentang perusahaan dan produk perusahaan tersebut. Tidak mudah membentuk image sebuah merek, tetapi sekali terbentuk tidak mudah pula mengubahnya. Image yang dibentuk sebuah perusahaan harus image yang jelas, bebeda dan secara relatif lebih unggul dibandingkan pesaing.

Pengertian Citra Merek

Jadi brand image merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dibenak konsumen. Konsumen yang terbiasa menggunakan merek tertentu memiliki konsistensi terhadap brand image. Brand image itu sendiri memiliki arti kepada suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen. citra merek adalah bagaimana suatu merek mempengaruhi persepsi, pandangan masyarakat atau konsumen terhadap perusahaan atau produknya.

Hubungan Citra Merek dengan Pemasaran

Dalam dunia pemasaran sekarang ini hubungan antara perusahaan dan pelanggannya adalah hal yang mutlak diperlakukan. Perusahaan harus mempunyai hubungan yang erat dengan para pelanggannya, sehingga dapat terjalin kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Konsep modern dari marketing adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan baik dalam goods marketing  atau service marketing.

Hubungan citra merek dengan pemasaran adalah berbanding lurus artinya, jika citra merek suatu produk baik atau positif maka perusahaan akan memiliki banyak konsumen yang tetap membeli produknya tersebut, perusahaan pun akan mendapat laba sehingga perusahaan pun akan tetap bertahan dan ini bisa di katakan pemasaran berhasil. Dan sebaliknya, jika citra merek suatu produk buruk atau negatif maka perusahaan akan mengalami kesulitan untuk medapatkan konsumen yang akan membeli produknya tersebut dan perusahaan pun tidak akan mendapat laba sehingga masa depan perusahaan pun akan buruk dan ini dikatakan pemasaran gagal. 

Pengaruh Citra Merek terhadap Pemasaran

  • Ada beberapa pengaruh citra merek terhadap pemasaran, sebagai berikut:
    • Jika citra merek suatu produk sudah dikenal oleh konsumen, maka dalam hal pemasaran perusahaan tidak banyak mengeluarkan biaya untuk promosi dan sebaliknya jika citra merek suatu produk belum dikenal oleh konsumen, maka perusahaan akan mengeluarkan biaya lebih untuk promosi.
    • Jika citra merek suatu produk adalah positif, maka banyak konsumen yang akan membeli produk tersebut sehingga pemasaran bisa dinyatakan berhasil, sebaliknya jika citra merek sebuah produk adalah negatif, maka konsumen tidak akan membeli produk tersebut sehingga pemasaran dinyatakan gagal.
    • Jika citra merek suatu produk baik, meskipun harga produk tersebut tinggi konsumen tetap akan membeli produk tersebut karena konsumen sudah merasa nyaman menggunakan produk tersebut. Sebaliknya jika citra merek suatu produk kurang baik meskipun harga produk tersebut rendah konsumen tetap tidak akan membeli produk tersebut karena konsumen akan merasa takut atau khawatir terhadap akibat yang ditimbulkan jika tetap membeli/mengkonsumsi produk tersebut
    • Jika citra merek suatu produk baik, maka pemasaran pun akan lebih mudah dilakukan karena tidak akan sulit mencari konsumen, konsumen akan loyal dengan sendirinya terhadap produk tersebut jika citranya sudah baik. Dan sebaliknya

Kesimpulan

Jadi dapat di simpulkan, hubungan citra merek dengan pemasaran adalah berbanding lurus artinya, jika citra merek suatu produk baik atau positif maka perusahaan akan memiliki banyak konsumen yang tetap membeli produknya tersebut, perusahaan pun akan mendapat laba sehingga perusahaan pun akan tetap bertahan dan ini bisa di katakan pemasaran berhasil. Dan sebaliknya, jika citra merek suatu produk buruk atau negatif maka perusahaan akan mengalami kesulitan untuk medapatkan konsumen yang akan membeli produknya tersebut dan perusahaan pun tidak akan mendapat laba sehingga masa depan perusahaan pun akan buruk dan ini dikatakan pemasaran gagal.

Pengaruh citra merek suatu produk juga sangat besar, diantaranya adalah dapat menyelamatkan masa depan perusahaan jika perusahaan melakukan usaha untuk membuat citra merek dari produknya baik, menghemat biaya yang di keluarkan perusahaan artinya jika citra merek suatu produk dari perusahaan tersebut baik, maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk promosi, perusahaan mendapat lebih banyak keuntungan jika citra merek suatu produknya baik. Jadi citra merek sebuah produk itu harus benar – benar di jaga. 

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi