Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 10



Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 10
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Produk yang dibuat harus dipromosikan. Apa manfaat promosi produk, dan bagaimana strategi promosi yang akan dilakukan baik terhadap produk baru maupun produk lama yang ada?

Manfaat promosi produk adalah sebagai berikut:

  • Agar konsumen mengetahui apa yang ingin ditawarkan perusahaan tentang keberadaan produk atau program baru, keistimewaan produk, cara memperoleh dan lainnya.
  • Agar citra produk semakin mantap tertanam dalam benak konsumen.
  • Memberikan nilai tambah bagi produk
  • Dapat meingkatkan penjualan produk ke pasar.

 

Strategi promosi adalah perencanaan, implementasi, dan pengendalian komunikasi dari satu organisasi kepada para konsumen serta sasaran lainnya. Setiap perusahaan dapat menerapkan dua strategi dalam mempromosikan produknya, yakni:

Strategi memikat para pelanggan

Strategi membimbing para pelanggan


2. Promosi sangat berkaitan dengan biaya, media promosi yang bagaimanakah yang akan Anda gunakan untuk mengenal produk usaha yang Anda rencana akan buat, untuk diperkenalkan kepada konsumen?

Media promosi yang akan saya gunakan adalah media koran, televise dan internet, karena ketiga media tersebut menjangkau konsumen yang banyak dibandingkan media lain.

Media koran memiliki kelebihan, cakupan pasar yang luas, harga yang murah, waktu yang singkat untuk beriklan, cakupan pasar local yang baik, pemilihan yang selektif berdasarkan geografis.

Media televise yaitu, memiliki pengaruh yang sangat besar, jangkauan yang jauh, menarik dari segi penglihatan, suara, dan gerakan, kesempatan untuk menampilkan secara kreatif, perhatian yang tinggi, membawa hiburan yang lebih.

Media internet yaitu, memiliki pilihan media yang beragam dan fleksibel dapat memuat iklan lebih meyakinkan dan lebih efektif dalam beberapa hal, perubahan dan penambahan dapat dibuat lebih cepat dan mudah, halaman situs dapat menamplkan informasi dalam jumlah yang hamper tak terbatas, dapat menjadi personal lebih dari media lainnya melalui kemampuan jalur dan sasaran.


3. Apakah yang dimaksudkan dengan strategi pemikatan para pelanggan, jelaskan!

Strategi pemikatan para pelanggan adalah strategi promosi yang dilakukan untuk langsung memikat pelanggan yang akan meminta produk dari pengecer. Perusahan akan mempromosikan produknya secara langsung pada konsumen yang kemudian penarikan produk dilakukan melalui jalur distribusi dengan memintanya dari pengecer, yang kemudian meminta dari grosir, dan terakhir meminta dari pabrik.


4. Apa yang diharapkan dari para pelanggan dalam proses penerapan strategi pemikatan langsung suatu perusahaan?

Yang diharapkan dari para pelanggan dalam penerapan strategi pemikatan para pelanggan adalah respon pelanggan dari 2 segi, yaitu preferensi konsumen (kesadaran dan daya tarik) dan loyalitas pelanggan (komitmen dan efektivitas).


5. Apakah yang dimaksudkan dengan strategi membimbing para pelanggan? Jelaskan!

Strategi membimbing para pelanggan adalah strategi promosi yang dilakukan melalui penjual grosir atau pengecer dalam pemasaran produk untuk membimbing para pelanggan sehingga pelanggan lebih memilih produk yang ditawarkan.

Dalam strategi bimbing, pabrik membimbing produk melalui jalur distribusi, awalnya mempromosikan dan mendistribusikannya pada grosir, yang kemudian akan mengarahkannya ke para pengecer, dan terakhir kepada pelanggan.


6. Apa saja yang diharapkan diterapkan oleh para pengecer dalam proses membimbing para pelanggan sehingga pelanggan tersebut punya dorongan dalam memiliki sesuatu produk?

Yang diharapkan diterapkan oleh pengecer adalah memberikan informasi bahwa pelanggan tidak harus membeli produk tersebut dalam jumlah yang banyak (contoh: 1 dus), melainkan bisa membelinya sesuai dengan jumlah yang diinginkan dan sesuai kebutuhan, karena tidak semua pelanggan membutuhkan produk tersebut dalam jumlah yang banyak atau ada juga beberapa pelanggan, terutama pelanggan baru yang hanya ingin mencoba produk tersebut (ada rasa khawatir tidak cocok dengn produk tersebut), sehingga tidak merasa terlalu merugi jika membelinya dalam jumlah yang sedikit.


7. Datanglah ke pusat-pusat belanja, pelajari bagaimana para pedagang mempromosikan produknya? Menurut anda siapa pelanggan utama dari pedagang di pusat belanja yang dipilih? Relevankan strategi promosi yang dipilih dengan para pelangan tersebut!

Pedagang mempromosikan produknya dengan memberikan diskon atau potongan harga, terutama pada barang-barang baru. Pelanggan utama di pusat belanja yang dipilih adalah pelanggan yang sedang berada di tempat berbelanja tersebut, sehingga pelanggan dapat mengetahui bahwa sedang diadakan diskon di tempat tersebut, dan menarik minat pelanggan untuk membelinya karena sedang ada promo yang bersifat berjangka pendek. Strategi tersebut sangat relavan, karena dengan mengetahui bahwa promo tersebut ada jangka waktunya, maka pelanggan tidak akan segan untuk membelinya selagi ada promo.


8. Jelaskan strategi komunikasi yang bagaimana dapat secara efektif dalam memasarkan produk-produk usaha rumahan!

  • Mempromosikannya dari mulut ke mulut

 Cara yang mudah, murah dan sangat efektif ini bisa dimulai dengan menginformasikan keberadaan bisnis Anda kepada keluarga besar Anda, para tetangga sekitar, maupun teman-teman dekat. Perkenalkan produk atau jasa Anda, disaat ada acara kumpul keluarga, atau pada waktu kegiatan arisan rutin. Agar konsumen mengetahui produk Anda, dan akhirnya tertarik untuk mencoba membeli. Dari pemberitaan “gethok tular” (dari mulut ke mulut), berita tersebut akan tersebar luas dengan waktu yang relatif singkat.

  • Menggunakan media iklan untuk menarik minat konsumen

Meskipun bisnis Anda terbilang kecil, dan hanya dilakukan di rumah. Tapi promosi dengan menggunakan media iklan, cukup penting untuk menarik minat konsumen. Untuk meminimalkan biaya, Anda bisa memilih promosi dengan memasang spanduk, banner, atau neon box di depan rumah Anda. Tuliskan nama usaha dan produk-produk yang Anda tawarkan di media tersebut. Jadi, masyarakat yang melewati rumah Anda bisa mengetahui keberadaan produk Anda. Selanjutnya Anda juga bisa membuat pamflet, kartu nama, dan brosur yang bisa Anda bagikan pada para konsumen.

  • Memanfaatkan internet untuk membantu pemasaran produk

Kebanyakan pelaku usaha rumahan mengaku dirinya gaptek (gagap teknologi) dan tidak mau  belajar internet marketing. Padahal untuk memenangkan persaingan pasar, Anda pun harus selalu inovatif mengikuti perkembangan pasar. Cobalah untuk memperluas jangkauan pasar, dengan memasarkan produk rumahan secara online. Misalnya saja dengan membuat website, blog, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sudah banyak pelaku bisnis rumahan yang menerima permintaan produk dari luar negeri, karena bantuan internet. Sehingga tidak menutup kemungkinan, bisnis dari rumah pun bisa mengekspor produk ke pasar mancanegara.

  • Membuka kerjasama keagen atau reseller produk

Ajak beberapa konsumen yang cukup potensial, untuk menjadi agen atau reseller produk Anda. Berikan potongan harga tertentu atau prosentase pembagian untung yang cukup menarik, pada konsumen yang ingin membantu pemasaran produk Anda. Cara ini memberikan keuntungan kedua belah pihak, baik konsumen maupun pelaku bisnis rumahan. Yang terpenting, jaga kualitas produk Anda. Agar konsumen juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.


9. Jelaskan strategi komunikasi yang bagaimanakah sebuah usaha rumahan bila masuk ke pasar global!

  • Bekerjasama dengan pengusaha lainnya

Salah satu hal yang membuat harga dari suatu barang meningkat karena adanya biaya masuk yang harus dibayar dalam setiap pengiriman barang. Untuk mengurang pembayaran ini, maka salah satu jalannya ialah dengan bekerja sama dengan pengusaha lain yang akan mengirim barang dengan tujuan yang sama dengan kita.

  • Menjaga kualitas produk

Untuk bisa menembus pasar global, anda tidak bisa mengirim barang anda yang berkualitas jelek dikirim ke luar negeri. Menjaga kualitas barang agar layak untuk dikirim ke negara tujuan adalah hal yang baik untuk anda lakukan karena jika pada pengiriman pertama kualitas barang anda bagus, maka untuk selanjutnya pasti usaha anda akan berjalan sukses.

  • Menjalin hubungan dengan principal

Salah satu cara yang lain yaitu dengan menjalin hubungan dengan principal. Istilah principal merupakan perpanjangan tangan perusahaan untuk menjangkau pasar global. Tanpa adanya principal sebagai mitra lokal, produsen akan sulit menembus pasar di negara tersebut. Kerjasama ini mungkin akan menguntungkan kedua belah pihak karena barang anda yang anda kirim tersebut juga biasanya dijual oleh mereka dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.

  • Memanfaatkan internet

Sekarang zaman sudah canggih, untuk mempromosikan barang atau produk yang anda miliki tidak harus dengan langkah-langkah diatas, karena da sebagian orang juga yang berhasil menembus pasar global dengan mempromosikan barangnya melalui media internet.

  • Tentukan negara tujuan

Ini merupakan langkah yang bujak untuk menembus pasar global, pasalnya sifat laku suatu barang yang laku disuatu negara maka belum tentu juga barang tersebut akan laku juga di negara yang lain. Dengan memperhatikan pesaing yang ada dalam suatu negara serta memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada dalam negara tersebut, maka menentukan negara tujuan sasaran untuk menembus pasar global adala hal yang bijak untuk anda lakukan.

  • Menentukan cara memasuki pasar luar negeri

Berbagai macam cara untuk menembus pasar global sangat banyak, dari cara yang tak lazim dilakukan atau yanag biasanya tanpa melalui sistem cukai, tak langsung. Namun terlepas dari cara yang kurang tepat tersebut, masih ada cara yang lain yang bisa kita lakukan misalnya saja dengan lisensi. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara patungan untuk masuk ke pasar suatu negara hingga akhirnya melakukan investasi di negara yang akan di ekspor barang tersebut.


10. Anda buat sebuah gambar model ilustratif berbasis IT dalam mengomunikasi produk rumahan tersebut.



Popular posts from this blog

Resume Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Informasi yang paling banyak di cari di internet