Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 10

Manfaat promosi produk adalah sebagai berikut:
- Agar konsumen mengetahui apa yang ingin ditawarkan
perusahaan tentang keberadaan produk atau program baru, keistimewaan
produk, cara memperoleh dan lainnya.
- Agar citra produk semakin mantap tertanam dalam benak
konsumen.
- Memberikan nilai tambah bagi produk
- Dapat meingkatkan penjualan produk ke pasar.
Strategi promosi adalah perencanaan, implementasi, dan
pengendalian komunikasi dari satu organisasi kepada para konsumen serta sasaran
lainnya. Setiap perusahaan dapat menerapkan dua strategi dalam mempromosikan
produknya, yakni:
Strategi memikat para pelanggan
Strategi membimbing para pelanggan
2. Promosi sangat berkaitan dengan biaya, media promosi yang bagaimanakah yang akan Anda gunakan untuk mengenal produk usaha yang Anda rencana akan buat, untuk diperkenalkan kepada konsumen?
Media promosi yang akan saya gunakan adalah media koran, televise
dan internet, karena ketiga media tersebut menjangkau konsumen yang banyak
dibandingkan media lain.
Media koran memiliki kelebihan, cakupan pasar yang luas, harga
yang murah, waktu yang singkat untuk beriklan, cakupan pasar local yang baik,
pemilihan yang selektif berdasarkan geografis.
Media televise yaitu, memiliki pengaruh yang sangat besar,
jangkauan yang jauh, menarik dari segi penglihatan, suara, dan gerakan,
kesempatan untuk menampilkan secara kreatif, perhatian yang tinggi, membawa
hiburan yang lebih.
Media internet yaitu, memiliki pilihan media yang beragam dan
fleksibel dapat memuat iklan lebih meyakinkan dan lebih efektif dalam beberapa
hal, perubahan dan penambahan dapat dibuat lebih cepat dan mudah, halaman situs
dapat menamplkan informasi dalam jumlah yang hamper tak terbatas, dapat menjadi
personal lebih dari media lainnya melalui kemampuan jalur dan sasaran.
Strategi pemikatan para pelanggan adalah strategi promosi
yang dilakukan untuk langsung memikat pelanggan yang akan meminta produk dari
pengecer. Perusahan akan mempromosikan produknya secara langsung pada konsumen
yang kemudian penarikan produk dilakukan melalui jalur distribusi dengan
memintanya dari pengecer, yang kemudian meminta dari grosir, dan terakhir
meminta dari pabrik.
4. Apa yang diharapkan dari para pelanggan dalam proses penerapan strategi pemikatan langsung suatu perusahaan?
Yang diharapkan dari para pelanggan dalam penerapan strategi
pemikatan para pelanggan adalah respon pelanggan dari 2 segi, yaitu preferensi
konsumen (kesadaran dan daya tarik) dan loyalitas pelanggan (komitmen dan
efektivitas).
5. Apakah yang dimaksudkan dengan strategi membimbing para pelanggan? Jelaskan!
Strategi membimbing para pelanggan adalah strategi promosi yang
dilakukan melalui penjual grosir atau pengecer dalam pemasaran produk untuk
membimbing para pelanggan sehingga pelanggan lebih memilih produk yang
ditawarkan.
Dalam strategi bimbing, pabrik membimbing produk melalui jalur
distribusi, awalnya mempromosikan dan mendistribusikannya pada grosir, yang
kemudian akan mengarahkannya ke para pengecer, dan terakhir kepada pelanggan.
6. Apa saja yang diharapkan diterapkan oleh para pengecer dalam proses membimbing para pelanggan sehingga pelanggan tersebut punya dorongan dalam memiliki sesuatu produk?
Yang diharapkan diterapkan oleh pengecer adalah memberikan
informasi bahwa pelanggan tidak harus membeli produk tersebut dalam jumlah yang
banyak (contoh: 1 dus), melainkan bisa membelinya sesuai dengan jumlah yang
diinginkan dan sesuai kebutuhan, karena tidak semua pelanggan membutuhkan
produk tersebut dalam jumlah yang banyak atau ada juga beberapa pelanggan,
terutama pelanggan baru yang hanya ingin mencoba produk tersebut (ada rasa
khawatir tidak cocok dengn produk tersebut), sehingga tidak merasa terlalu
merugi jika membelinya dalam jumlah yang sedikit.
7. Datanglah ke pusat-pusat belanja, pelajari bagaimana para pedagang mempromosikan produknya? Menurut anda siapa pelanggan utama dari pedagang di pusat belanja yang dipilih? Relevankan strategi promosi yang dipilih dengan para pelangan tersebut!
Pedagang mempromosikan produknya dengan memberikan diskon atau
potongan harga, terutama pada barang-barang baru. Pelanggan utama di pusat
belanja yang dipilih adalah pelanggan yang sedang berada di tempat berbelanja
tersebut, sehingga pelanggan dapat mengetahui bahwa sedang diadakan diskon di
tempat tersebut, dan menarik minat pelanggan untuk membelinya karena sedang ada
promo yang bersifat berjangka pendek. Strategi tersebut sangat relavan, karena
dengan mengetahui bahwa promo tersebut ada jangka waktunya, maka pelanggan
tidak akan segan untuk membelinya selagi ada promo.
8. Jelaskan strategi komunikasi yang bagaimana dapat secara efektif dalam memasarkan produk-produk usaha rumahan!
- Mempromosikannya dari mulut ke mulut
Cara yang mudah, murah dan sangat efektif ini bisa dimulai dengan menginformasikan keberadaan bisnis Anda kepada keluarga besar Anda, para tetangga sekitar, maupun teman-teman dekat. Perkenalkan produk atau jasa Anda, disaat ada acara kumpul keluarga, atau pada waktu kegiatan arisan rutin. Agar konsumen mengetahui produk Anda, dan akhirnya tertarik untuk mencoba membeli. Dari pemberitaan “gethok tular” (dari mulut ke mulut), berita tersebut akan tersebar luas dengan waktu yang relatif singkat.
- Menggunakan media iklan untuk menarik minat konsumen
Meskipun bisnis Anda terbilang kecil, dan hanya dilakukan di rumah. Tapi promosi dengan menggunakan media iklan, cukup penting untuk menarik minat konsumen. Untuk meminimalkan biaya, Anda bisa memilih promosi dengan memasang spanduk, banner, atau neon box di depan rumah Anda. Tuliskan nama usaha dan produk-produk yang Anda tawarkan di media tersebut. Jadi, masyarakat yang melewati rumah Anda bisa mengetahui keberadaan produk Anda. Selanjutnya Anda juga bisa membuat pamflet, kartu nama, dan brosur yang bisa Anda bagikan pada para konsumen.
- Memanfaatkan internet untuk membantu pemasaran produk
Kebanyakan pelaku usaha rumahan mengaku dirinya gaptek (gagap teknologi) dan tidak mau belajar internet marketing. Padahal untuk memenangkan persaingan pasar, Anda pun harus selalu inovatif mengikuti perkembangan pasar. Cobalah untuk memperluas jangkauan pasar, dengan memasarkan produk rumahan secara online. Misalnya saja dengan membuat website, blog, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sudah banyak pelaku bisnis rumahan yang menerima permintaan produk dari luar negeri, karena bantuan internet. Sehingga tidak menutup kemungkinan, bisnis dari rumah pun bisa mengekspor produk ke pasar mancanegara.
- Membuka kerjasama keagen atau reseller produk
Ajak beberapa konsumen yang cukup potensial,
untuk menjadi agen atau reseller produk Anda. Berikan potongan harga tertentu
atau prosentase pembagian untung yang cukup menarik, pada konsumen yang ingin
membantu pemasaran produk Anda. Cara ini memberikan keuntungan kedua belah
pihak, baik konsumen maupun pelaku bisnis rumahan. Yang terpenting, jaga
kualitas produk Anda. Agar konsumen juga tertarik dengan produk yang Anda
tawarkan.
9. Jelaskan strategi komunikasi yang bagaimanakah sebuah usaha rumahan bila masuk ke pasar global!
- Bekerjasama dengan pengusaha lainnya
Salah satu hal yang membuat harga dari suatu barang meningkat karena adanya biaya masuk yang harus dibayar dalam setiap pengiriman barang. Untuk mengurang pembayaran ini, maka salah satu jalannya ialah dengan bekerja sama dengan pengusaha lain yang akan mengirim barang dengan tujuan yang sama dengan kita.
- Menjaga kualitas produk
Untuk bisa menembus pasar global, anda tidak bisa mengirim barang anda yang berkualitas jelek dikirim ke luar negeri. Menjaga kualitas barang agar layak untuk dikirim ke negara tujuan adalah hal yang baik untuk anda lakukan karena jika pada pengiriman pertama kualitas barang anda bagus, maka untuk selanjutnya pasti usaha anda akan berjalan sukses.
- Menjalin hubungan dengan principal
Salah satu cara yang lain yaitu dengan menjalin hubungan dengan principal. Istilah principal merupakan perpanjangan tangan perusahaan untuk menjangkau pasar global. Tanpa adanya principal sebagai mitra lokal, produsen akan sulit menembus pasar di negara tersebut. Kerjasama ini mungkin akan menguntungkan kedua belah pihak karena barang anda yang anda kirim tersebut juga biasanya dijual oleh mereka dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.
- Memanfaatkan internet
Sekarang zaman sudah canggih, untuk mempromosikan barang atau produk yang anda miliki tidak harus dengan langkah-langkah diatas, karena da sebagian orang juga yang berhasil menembus pasar global dengan mempromosikan barangnya melalui media internet.
- Tentukan negara tujuan
Ini merupakan langkah yang bujak untuk menembus pasar global, pasalnya sifat laku suatu barang yang laku disuatu negara maka belum tentu juga barang tersebut akan laku juga di negara yang lain. Dengan memperhatikan pesaing yang ada dalam suatu negara serta memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada dalam negara tersebut, maka menentukan negara tujuan sasaran untuk menembus pasar global adala hal yang bijak untuk anda lakukan.
- Menentukan cara memasuki pasar luar negeri
Berbagai macam cara untuk menembus pasar global sangat banyak, dari cara yang tak lazim dilakukan atau yanag biasanya tanpa melalui sistem cukai, tak langsung. Namun terlepas dari cara yang kurang tepat tersebut, masih ada cara yang lain yang bisa kita lakukan misalnya saja dengan lisensi. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara patungan untuk masuk ke pasar suatu negara hingga akhirnya melakukan investasi di negara yang akan di ekspor barang tersebut.