Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 9

Saya akan
menggunakan saluran distribusi melalui agen atau broker. Jadi melalui agen
penjualan (sales agent), atau pedagang perantara (broker), produsen
mendistribusikan produknya untuk kemudian dijual ke grosir, pengecer, atau
keduanya. Para agen biasanya menangani berbagai lini produk dari beberapa
produsen dan bekerja dengan perjanjian waktu yang cukup lama. Industri
perumahan biasanya memakai broker sebagai perantara pembeli dan penjual. Dan
saya akan menggunakan strategi distribusi intensif yakni mendistribusikan
produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (grosir atau
pengecer). Biasanya dipakai untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan
daya tarik yang luas, seperti majalah.
2. Sebutkan dan jelaskan yang dimaksudkan strategi distribusi dalam perdagangan umumnya.
=> Strategi distribusi:
- Distribusi Intensif, mendistribusikan produk melalui
sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran ( grosir atau pengecer).
Biasanya dipakai untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan daya
tarik yang luas , seperti majalah.
- Distribusi Eksklusif, Hak eksklusif yang diberikan
produsen dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah
grosir atau pengecer yang terbatas dalam wilayah geografis tertentu.
Contohnya, jam tangan Rolex hanya dijual di toko Rolex yang resmi.
- Distribusi Selektif, melalui grosir dan pengecer
terpilih yang memberikan perhatian khusus atas produk tertentu dalam
penjualannya, manfaat pajangan, dan lainnya. Biasanya diterapkan pada
produk peralatan dan perabotan rumah tangga.
3. Strategi distribusi manakah yang dapat digunakan dalam perdagangan untuk memasarkan berbagai macam kebutuhan konsumen segmen keseluruhan.
Strategi distribusi yang dapat digunakan dalam perdangan yaitu
strategi distribusi ekslusif, karena hak Hak eksklusif yang diberikan produsen
dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah grosir atau
pengecer yang terbatas dalam wilayah geografis tertentu. Contohnya, jam tangan
Rolex hanya dijual di toko Rolex yang resmi. Jadi Distribusi eksklusif ini
dilakukan oleh perusahan dengan hanya menggunakan satu pedagang besar atau
pengecer dalam daerah pasar tertentu. Jadi produsen/ penyedia hanya menjual
produknya kepada satu pedagang besar atau satu pengecer saja.
4. Bagaimana strategi yang akan diterapkan untuk mengurangi biaya transportasi produk perusahaan? Moda transportasi yang bagaimanakah yang akan menjadi pilihan dalam penyaluran produksi perusahaan tersebut?
Karena biaya transportasi merupakan faktor utama yang harus di
perhatikan dalam memilih moda transportasi jadi Strategi yang akan diterapkan
untuk mengurangi biaya transportasi yaitu dengan memilih transportasi truk dan
containerization karena truk merupakan modal transportasi yang sangat
fleksibel, cepat, dan andal dibanding lainnya dan membutuhkan sedikit
pengepakan sehingga dapat menghemat biaya dalam jumlah yang besar. Sedangkan
kontainer yaitu merupakan metode transportasi yang menggunakan container besar
yang ukurannya telah baku utuk menyimpan barang-barang disumber-sumber
pengiriman dan dibuka setelah tiba di tujuan akhir. Container tersebut dapat
dikirim melalui darat, laut, atau udara.
5. Datanglah ke supermarket, contoh : Jogja, Hypermart,dan lain-lain. Lihatlah produk-produk yang menjadi pajangan supermarket. Menurut Anda bagaimana sebaiknya saluran dan strategi distribusi yang akan dijalankan sehingga dapat meminimalisasi biaya perusahaan?
Saluran dan strategi distribusi yang akan di jalankan sehingga
dapat meminimalisasi biaya perusahaan yaitu dengan :
- Tenaga kerja
Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga
kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya,
tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa
bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.
- Peralatan
Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar
peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para
pemilik perusahaan. Jika peralatan yang dibeli kualitasnya di bawah
rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan
menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan
menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya
tambahan yang harus Anda keluarkan.
- Biaya operasional dan overhead
Selalu mencari terobosan atau cara baru agar operasional
perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk
mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.
Jadi tenaga kerja, peralatan, dan biaya overhead adalah beberapa
cara untuk meminimalisasi biaya produksi, sehingga keuntungan dalam perusahaan
bisa lebih dimaksimalkan.
6. Strategi distribusi yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau distribusi barang sampai ke pelosok-pelosok daerah, Jelaskan pendapat saudara.
Strategi distibusi yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau
distibusi barang sampai ke pelosok pelosok yaitu dengan menggunakan strategi
distribusi intensif karena mendistribusikan produk melalui sebanyak
mungkin saluran dan anggota saluran (grosir atau pengecer). Biasanya dipakai
untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan daya tarik yang luas , jadi
semakin melalui banyak pengecer maka produk itu bisa sampai ke daerah pelosok.
7. Sebutkan dan jelaskan faktor apa sajakah menurut saudara dapat memengaruhi distribusi suatu barang.
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi distibusi suatu barang
diantaranya : saluran distribusi, cakupan pasar, biaya,
pengendalian, dan konflik saluran.
- Saluran distribusi
Saluran
distribusi beberapa bersifat ringkas dan sederhana; yang lain bersifat panjan
dan rumit. Banyak perusahaan membeli barang yang mereka gunakan dalam operasi
mereka langsung dari produsen, sehingga saluran distribusinya menjadi pendek.
Sebaliknya, saluran untuk konsumen biasanya lebih panjang dan lebih rumit.
- Cakupan pasar
Cakupan pasar yang tepat, jumlah grosir atau pengecer yang akan
membawa produk, bergantung pada sejumlah faktor dalam strategi pemasaran.
- Biaya
Biaya
memainkan peran utama dalam pemilihan saluran perusahaan (dan merupakan salah
satu alasan utama atau begitu banyak perusahaan-perusahaan kecil telah
memanfaatkan internet). Produsen kecil atau baru sering tidak mampu melakukan
banyak fungsi yang diperlukan untuk menjual ke pengecer atau konsumen, sehinga
mereka memerlukan bantuan perantara.
- Kontrol
Control terhadap bagaimana, dimana, kapan, dan berapa banyak
produk yang dijual. Control penting karena suatu reputasi merek terkait erat
dengan kinerja dan persepsi pasar dalam memilih mitra saluran.
- Konflik saluran
Perselisihan paham seperti itu menciptakan konflik saluran. Suatu
sumber bersama dari konflik saluran adalah keputusan oleh produsen untuk
menjual produk secara langsung ke target pasar yang sama sebagai mitra saluran
yang ada.
8. Buatkan sebuah model sederhana terkait distribusi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal!
Model sederhana terkait dengan distribusi yang dipengaruhi oleh
faktor-faktor eksternal yaitu:
Proses pengambilan keputusan dapat dipandang sebagai tiga tahap
yang berbeda namun memiliki hubungan satu sama lain diantaranya:
- Tahap Input
Merupakan tahap yang mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap
kebutuhan atas produk dan terdiri dari dua sumber informasi utama, yaitu:
Usaha pemasaran perusahaan (produk itu sendiri, harganya, promosi
dan dimana ia dijual). Pengaruh sosiologis eksternal atas konsumen (keluarga,
teman-teman, tetangga, sumber informal). Hal ini merupakan input yang mungkin
mempengaruhi apa yang dibeli konsumen dan bagaimana mereka menggunakan apa yang
mereka beli.
- Tahap Proses
Merupakan tahap yang memfokuskan pada cara konsumen mengambil
keputusan. Berbagai faktor psikologis yang melekat pada setiap individu,
mempengaruhi input dari luar pada tahap input mempengaruhi pengenalan konsumen
terhadap kebutuhan, pencarian informasi sebelum pembelian, dan evaluasi
terhadap berbagai alternative.
- Tahap Output
Merupakan pengambilan konsumen terdiri dari dua macam kegiatan setelah pengambilan keputusan yang berhubungan erat dengan perilaku membeli dan evaluasi setelah membeli. Percobaan merupakan tahap penyelidikan pada perilaku pembelian, yakni konsumen menilai produk melalui pemakaian langsung pembelian ulang biasanya menandakan penerimaan akan produk.
9. Faktor-faktor internal apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam sistem distribusi barang.
Faktor internal yang harus dipersiapakan adalah pengemasan, transportasi,
strategi penjualan seperti mau di jual kemana barang tersebut dan juga akan di
jual kemana barang tersebut penempatan produk juga sangat membantu penjualan
dalam perusahaan.
10. Apakah dalam sistem distribusi saudara dapat menciptakan pasar baru, bagaimanakah caranya sehingga hal tersebut bisa tercapai.
Bisa tercapai karena sistem distribusi yang saling menguntungkan bagi konsumen dan produsen sehingga dapat menciptakan pasar baru yang dapat diterima oleh para konsumen.