Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 9


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 9
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Misalkan Anda seorang Supervisor Produksi yang diberikan tanggung jawab terhadap distribusi produk suatu perusahaan. Saluran distribusi yang bagaimanakah yang akan Anda pilih? Bagaimana strategi distribusi yang akan diterapkan? Perlukah penanganan material dilakukan terhadap produk tersebut?

Saya akan menggunakan saluran distribusi melalui agen atau broker. Jadi melalui agen penjualan (sales agent), atau pedagang perantara (broker), produsen mendistribusikan produknya untuk kemudian dijual ke grosir, pengecer, atau keduanya. Para agen biasanya menangani berbagai lini produk dari beberapa produsen dan bekerja dengan perjanjian waktu yang cukup lama. Industri perumahan biasanya memakai broker sebagai perantara pembeli dan penjual. Dan saya akan menggunakan strategi distribusi intensif yakni mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (grosir atau pengecer). Biasanya dipakai untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan daya tarik yang luas, seperti majalah.


2. Sebutkan dan jelaskan yang dimaksudkan strategi distribusi dalam perdagangan umumnya.

=> Strategi distribusi:

  • Distribusi Intensif, mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran ( grosir atau pengecer). Biasanya dipakai untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan daya tarik yang luas , seperti majalah.
  • Distribusi Eksklusif, Hak eksklusif yang diberikan produsen dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah grosir atau pengecer yang terbatas dalam wilayah geografis tertentu. Contohnya, jam tangan Rolex hanya dijual di toko Rolex yang resmi.
  • Distribusi Selektif, melalui grosir dan pengecer terpilih yang memberikan perhatian khusus atas produk tertentu dalam penjualannya, manfaat pajangan, dan lainnya. Biasanya diterapkan pada produk peralatan dan perabotan rumah tangga.

3. Strategi distribusi manakah yang dapat digunakan dalam perdagangan untuk memasarkan berbagai macam kebutuhan konsumen segmen keseluruhan.

Strategi distribusi yang dapat digunakan dalam perdangan yaitu strategi distribusi ekslusif, karena hak Hak eksklusif yang diberikan produsen dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah grosir atau pengecer yang terbatas dalam wilayah geografis tertentu. Contohnya, jam tangan Rolex hanya dijual di toko Rolex yang resmi. Jadi Distribusi eksklusif ini dilakukan oleh perusahan dengan hanya menggunakan satu pedagang besar atau pengecer dalam daerah pasar tertentu. Jadi produsen/ penyedia hanya menjual produknya kepada satu pedagang besar atau satu pengecer saja.


4. Bagaimana strategi yang akan diterapkan untuk mengurangi biaya transportasi produk perusahaan? Moda transportasi yang bagaimanakah yang akan menjadi pilihan dalam penyaluran produksi perusahaan tersebut?

Karena biaya transportasi merupakan faktor utama yang harus di perhatikan dalam memilih moda transportasi jadi Strategi yang akan diterapkan untuk mengurangi biaya transportasi yaitu dengan memilih transportasi truk dan containerization karena truk merupakan modal transportasi yang sangat fleksibel, cepat, dan andal dibanding lainnya dan membutuhkan sedikit pengepakan sehingga dapat menghemat biaya dalam jumlah yang besar. Sedangkan kontainer yaitu merupakan metode transportasi yang menggunakan container besar yang ukurannya telah baku utuk menyimpan barang-barang disumber-sumber pengiriman dan dibuka setelah tiba di tujuan akhir. Container tersebut dapat dikirim melalui darat, laut, atau udara.


5. Datanglah ke supermarket, contoh : Jogja, Hypermart,dan lain-lain. Lihatlah produk-produk yang menjadi pajangan supermarket. Menurut Anda bagaimana sebaiknya saluran dan strategi distribusi yang akan dijalankan sehingga dapat meminimalisasi biaya perusahaan?

Saluran dan strategi distribusi yang akan di jalankan sehingga dapat meminimalisasi biaya perusahaan yaitu dengan :

  • Tenaga kerja

Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya, tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.

  • Peralatan

Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para pemilik perusahaan. Jika peralatan  yang dibeli kualitasnya di bawah rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.

  • Biaya operasional dan overhead

Selalu mencari terobosan atau cara baru agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.

Jadi tenaga kerja, peralatan, dan biaya overhead adalah beberapa cara untuk meminimalisasi biaya produksi, sehingga keuntungan dalam perusahaan bisa lebih dimaksimalkan.

 


6. Strategi distribusi yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau distribusi barang sampai ke pelosok-pelosok daerah, Jelaskan pendapat saudara.

Strategi distibusi yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau distibusi barang sampai ke pelosok pelosok yaitu dengan menggunakan strategi distribusi intensif karena mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (grosir atau pengecer). Biasanya dipakai untuk produk-produk konsumsi berbiaya rendah dengan daya tarik yang luas , jadi semakin melalui banyak pengecer maka produk itu bisa sampai ke daerah pelosok.


7. Sebutkan dan jelaskan faktor apa sajakah menurut saudara dapat memengaruhi distribusi suatu barang.

Faktor-faktor yang dapat memengaruhi distibusi suatu barang diantaranya : saluran distribusi, cakupan pasar, biaya, pengendalian,  dan konflik saluran.

  • Saluran distribusi

Saluran distribusi beberapa bersifat ringkas dan sederhana; yang lain bersifat panjan dan rumit. Banyak perusahaan membeli barang yang mereka gunakan dalam operasi mereka langsung dari produsen, sehingga saluran distribusinya menjadi pendek. Sebaliknya, saluran untuk konsumen biasanya lebih panjang dan lebih rumit.

  • Cakupan pasar

Cakupan pasar yang tepat, jumlah grosir atau pengecer yang akan membawa produk, bergantung pada sejumlah faktor dalam strategi pemasaran.

  • Biaya

Biaya memainkan peran utama dalam pemilihan saluran perusahaan (dan merupakan salah satu alasan utama atau begitu banyak perusahaan-perusahaan kecil telah memanfaatkan internet). Produsen kecil atau baru sering tidak mampu melakukan banyak fungsi yang diperlukan untuk menjual ke pengecer atau konsumen, sehinga mereka memerlukan bantuan perantara.

  • Kontrol

Control terhadap bagaimana, dimana, kapan, dan berapa banyak produk yang dijual. Control penting karena suatu reputasi merek terkait erat dengan kinerja dan persepsi pasar dalam memilih mitra saluran. 

  • Konflik saluran

Perselisihan paham seperti itu menciptakan konflik saluran. Suatu sumber bersama dari konflik saluran adalah keputusan oleh produsen untuk menjual produk secara langsung ke target pasar yang sama sebagai mitra saluran yang ada.


8. Buatkan sebuah model sederhana terkait distribusi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal!

Model sederhana terkait dengan distribusi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yaitu:

Proses pengambilan keputusan dapat dipandang sebagai tiga tahap yang berbeda namun memiliki hubungan satu sama lain diantaranya:

  • Tahap Input

Merupakan tahap yang mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap kebutuhan atas produk dan terdiri dari dua sumber informasi utama, yaitu:

Usaha pemasaran perusahaan (produk itu sendiri, harganya, promosi dan dimana ia dijual). Pengaruh sosiologis eksternal atas konsumen (keluarga, teman-teman, tetangga, sumber informal). Hal ini merupakan input yang mungkin mempengaruhi apa yang dibeli konsumen dan bagaimana mereka menggunakan apa yang mereka beli.

  • Tahap Proses

Merupakan tahap yang memfokuskan pada cara konsumen mengambil keputusan. Berbagai faktor psikologis yang melekat pada setiap individu, mempengaruhi input dari luar pada tahap input mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap kebutuhan, pencarian informasi sebelum pembelian, dan evaluasi terhadap berbagai alternative.

  • Tahap Output

Merupakan pengambilan konsumen terdiri dari dua macam kegiatan setelah pengambilan keputusan yang berhubungan erat dengan perilaku membeli dan evaluasi setelah membeli. Percobaan merupakan tahap penyelidikan pada perilaku pembelian, yakni konsumen menilai produk melalui pemakaian langsung pembelian ulang biasanya menandakan penerimaan akan produk.


9. Faktor-faktor internal apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam sistem distribusi barang.

Faktor internal yang harus dipersiapakan adalah pengemasan, transportasi, strategi penjualan seperti mau di jual kemana barang tersebut dan juga akan di jual kemana barang tersebut penempatan produk juga sangat membantu penjualan dalam perusahaan.


10. Apakah dalam sistem distribusi saudara dapat menciptakan pasar baru, bagaimanakah caranya sehingga hal tersebut bisa tercapai.

Bisa tercapai karena sistem distribusi yang saling menguntungkan bagi konsumen dan produsen sehingga dapat menciptakan pasar baru yang dapat diterima oleh para konsumen.

Popular posts from this blog

Resume Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Informasi yang paling banyak di cari di internet