Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 6


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 6
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini. Beri contoh pada bisnis yang rill!

Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya pelanggan ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk yang dihasilkannya kalau produk tersebut di beli oleh pelanggan. Berdasarkan profit tersebut, perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya hingga ia dapat memenuhi keinginan pelanggan lebih besar di masa yang akan datang. Dengan kata lain perusahaan selalu berpedoman atau berfokus kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri pelanggan, sehingga kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.

Contoh : saya berbisnis di bidang kuliner, konsumen akan membeli produk saya jika produk yang saya jual memenuhi keinginan pembeli, dan pastinya harga jualnya menghasilkan keuntungan bagi saya. Saya memberikan kualitas dan makanan, maka konsumen mendapatkan makanan yang dia inginkan dengan keinganan konsumen.

2. Jika Anda produsen suatu produk, strategi pemasaran apa yang akan Anda lakukan untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat? Beri contoh produk dan strategi yang riil!

Untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat, saya akan melakukan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, yaitu:

1. Makanan dengan aneka ragam.

A. Segmentasi Pasar/masyarakat

Untuk Segmentasi Pasar kami memilih segmentasi sesuai dengan geografis.

B. Memilih Pasar Sasaran

Pemasaran serbaaneka, Kami akan menjual aneka makanan dan minuman yang bersifat menghangatkan  di daerah dingin dan akan menjual aneka makanan dan minuman yang tidak panas untuk di konsumsi di daerah yang bersuhu panas.

C. Posisi Produk

Membuat unikness dari setiap produk yang dibuat supaya konsumen mengetahui letak usaha

Strategi Bauran Pemasaran

Yaitu memaksimalkan empat elemen yaitu produk makanan dan minuman yang bisnis kami buat, harganya dapat menguntungkan konsumen dan tentunya kita selaku pembisnis, distribusi atau pengadaan makanan dan minuman lebih dipercepat dan tidak memakan dana lebih yang terakhir promosi untuk mengenalkan produk.

 D. Produk

Dalam bisnis yang akan saya jalankan nama harus unik, design modren, harganya menguntungkan konsumen dan pembisnis, citranya dibuat seindah mungkin, pelayan prima.

E. Strategi Perluasan pemsaran produk

•    Strategi Penetrasi Pasar

•    Strategi Pengembangan Pasar

•    Strategi pengembangan produk

F. Harga

Harga yang akan kami keluarkan pastinya tidak akan merugikan usaha dan menguntungkan konsumen.

G. Distribusi

Dalam proses distribusi pakaian kami akan mempertimbangkan pemilihan saluran

•    Tingkat Kelangsungan Saluran

•    Jumlah Anggota Saluran

•     Kriteria Dalam Pemilihan Anggota Saluran

•     Jumlah Saluran

H. Promosi

Promosi yang akan kami lakukan apabila biaya memungkinkan yaitu promosi di televisi, media cetak, media online, media suara atau radio, poster, pamplet browsur, selembaran kertas, dan discount.

3. Pemasaran berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menurut Anda apakah semua pelanggan perlu dipertahankan? Jika ya, mengapa? Jika tidak, pelanggan seperti apa yang tidak perlu dipertahankan?

Pelanggan wajib kita pertahankan. Karena yang sudah disebut pelanggan yaitu seseorang/konsumen yang telah loyal, percaya dan yakin terhadap produk yang kita miliki. Dan pelanggan itu sebagai aset sumber pendapatan. Pelanggan juga mampu memperluas pangsa pasar usaha yang ditekuni.

4. Buatlah contoh kalimat iklan yang menarik atau jargon yang ear catching bagi bisnis sebuah restoran!

“Welcome to Paradise, we will serve you with something really delicious!”

5. Jika Anda memiliki bisnis pakaian, coba jelaskan segmentasi pasar mana yang akan Anda pilih dan mengapa?

Segmentasi pasar yang akan saya pilih adalah

  • Spesialisasi selektif

 

Perusahaan memilih sejumlah segmen yang masing-masing secara objektif menarik dan sesuai bagi tujuan dan sumber daya perusahaan. Strategi yang melingkupi banyak segmen mempunyai kelebihan dibandingkan segmen tunggal dalam hal penyebaran risiko perusahaan.

  • Spesialisasi produk

 

Perusahaan memusatkan diri dalam pembuatan prosuk tertentu yang dijualnya kepada beragam kelompok pelanggan. Melalui strategi ini, perusahaan membina reputasi yang kuat dalam bidang produk tertentu.

6. Seandainya Anda produsen sebuah merek minuman, coba berikan contoh bagaimana Anda memodifikasi produk Anda agar tetap menjadi produk terdepan!

Memodifikasi minuman bisa dengan berbagai cara yaitu diantaranya :

a.  Modifikasi Rasa, buat berbagai rasa yang menarik konsumen.

b.  Modifikasi Botol atau apapun tempat minuman itu disajikan, supaya unik.

c.   Modifikasi Warna minuman, buat warna yang menarik dengan berbagai rasa yang unik.

d.  Modifikasi Logo Minuman.

e.  Modifikasi Takaran Saji. Buat ukuran small, medium, big, super big.

7. Buatlah analisis SWOT dari usaha impian Anda di masa depan!

 

    1.      Kekuatan (Strength)

•    Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga keberlangsungan toko ini dapat       terjamin.

•     Knowledge atau kepakaran yang dimiliki dalam hal pakaian.

•     Produk baru atau pelayanan yang unik.

•     Kualitas produk yang bagus dan proses pembuatannya lebih efisien.

•     Pengorganisasian pada bisnis ini sudah tersusun dengan rapi.

•     Lokasi usaha yang terletak di kawasan/daerah yang padat penduduknya.

 

    2.      Kelemahan (Weaknesses)

•     Merek yang kami buat belum terkenal karena masih pemula.

•     Kurangnya pengetahuan marketing.

•     Produk yang tidak terlalau berbeda dengan produk kompetitor

•     Usahanya dibangun dari kecil.

•    Modal yang kurang untuk melengkapi fasilitas yang belum ada pada usaha bisnis pakaian.

•    Ada beberapa pesaing yang sudah terlebih dahulu berdiri sehingga menuntut inovatif dan kreatif bagi pengusaha yang ingin membuka usaha dalam bidang yang sama.

    3.      Kesempatan (Opportunites)

•   Pasar yang luang karena kompetitor yang tidak sanggup memenuhi keinginan konsumen.

•     Pasar yang sedang berkembang.

•     Kerjasama dengan 2-3 perusahaan atau aliansi

•     Segmen pasar yang baru

•     Pasar internasional

•     Persaingan yang belum terlalu banyak.

•  Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.

    4.      Ancaman (Threats)

•    Kualitas Kompetitor lebih bagus.

•    Kompetitor baru di area yang sama.

•    Persaingan harga dengan kompetitor.

•    Kompetitor mengeluarkan produk baru yang inovatif.

•    Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar.

•    Diperkenalkannya pajak penjualan

8. Siapa pesaing terberat dari usaha Anda itu? Mengapa?

Pesaing terberat dalam bisnis yang saya rencanakan adalah jenis Persaingan ciri khas dan ras, karena bisnis yang saya rencanakan dibidang cafe dengan berbagai jenis makanan dan minuman dan masih banyak produk-produk yang lain yang pastinya bersaing dalam industri makanan dan minuman yang membuat produk atau kelas produk yang sama.

9. Bagaimana strategi mendapatkan pelanggan bagi bisnis Anda tersebut?

Mengambil posisi berhadapan langsung dengan pesaing (head to head positioning). Misalnya, dengan mengembangkan karakteristik khusus atau unikness pada produk yang akan saya buat sehingga produk yang kami miliki memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk pesaing, menurunkan harga, tapi dengan kualitas rasa tetap sama meningkatkan promosi melalui promosi yang efektif.

10. Sebutkan contoh produk yang booming saat ini dan menurut Anda apa yang menyebabkan produk tersebut berhasil merebut perhatian konsumen?

Yang sedang booming pada saat ini khususnya dalam bisnis pakaian di indonesia yaitu jaket bomber. Dan yang membuat product tersebut bisa merebut perhatian para konsumen karna pengguna jaket tersebut di pakai oleh orang penting yaitu presiden sehingga orang orang banyank yang ingin membeli produk tersebut.

Popular posts from this blog

Resume Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Informasi yang paling banyak di cari di internet