Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 6

Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya
pelanggan ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan
keinginannya. Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk yang dihasilkannya
kalau produk tersebut di beli oleh pelanggan. Berdasarkan profit tersebut,
perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya hingga ia dapat memenuhi keinginan
pelanggan lebih besar di masa yang akan datang. Dengan kata lain perusahaan
selalu berpedoman atau berfokus kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri
pelanggan, sehingga kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.
Contoh : saya berbisnis di bidang kuliner, konsumen akan membeli
produk saya jika produk yang saya jual memenuhi keinginan pembeli, dan pastinya
harga jualnya menghasilkan keuntungan bagi saya. Saya memberikan kualitas dan
makanan, maka konsumen mendapatkan makanan yang dia inginkan dengan keinganan
konsumen.
2. Jika Anda produsen suatu produk, strategi pemasaran apa yang
akan Anda lakukan untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat? Beri contoh
produk dan strategi yang riil!
Untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat, saya akan
melakukan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, yaitu:
1. Makanan dengan aneka ragam.
A. Segmentasi
Pasar/masyarakat
Untuk Segmentasi Pasar kami memilih segmentasi sesuai dengan geografis.
B. Memilih Pasar Sasaran
Pemasaran serbaaneka, Kami akan menjual aneka makanan dan minuman yang bersifat menghangatkan di daerah dingin dan akan menjual aneka makanan dan minuman yang tidak panas untuk di konsumsi di daerah yang bersuhu panas.
C. Posisi Produk
Membuat unikness dari setiap produk yang dibuat supaya konsumen mengetahui letak usaha
Strategi Bauran Pemasaran
Yaitu memaksimalkan empat elemen yaitu produk makanan dan minuman yang bisnis kami buat, harganya dapat menguntungkan konsumen dan tentunya kita selaku pembisnis, distribusi atau pengadaan makanan dan minuman lebih dipercepat dan tidak memakan dana lebih yang terakhir promosi untuk mengenalkan produk.
D. Produk
Dalam bisnis yang akan saya jalankan nama harus unik, design modren, harganya menguntungkan konsumen dan pembisnis, citranya dibuat seindah mungkin, pelayan prima.
E. Strategi Perluasan pemsaran produk
• Strategi Penetrasi Pasar
• Strategi Pengembangan Pasar
• Strategi pengembangan produk
F. Harga
Harga yang akan kami keluarkan pastinya tidak akan merugikan usaha dan menguntungkan konsumen.
G. Distribusi
Dalam proses distribusi pakaian kami akan mempertimbangkan
pemilihan saluran
• Tingkat Kelangsungan Saluran
• Jumlah Anggota Saluran
• Kriteria Dalam Pemilihan Anggota
Saluran
• Jumlah Saluran
H. Promosi
Promosi yang akan kami lakukan apabila biaya memungkinkan yaitu
promosi di televisi, media cetak, media online, media suara atau radio, poster,
pamplet browsur, selembaran kertas, dan discount.
3. Pemasaran berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menurut Anda apakah semua pelanggan perlu dipertahankan? Jika ya, mengapa? Jika tidak, pelanggan seperti apa yang tidak perlu dipertahankan?
Pelanggan
wajib kita pertahankan. Karena yang sudah disebut pelanggan yaitu
seseorang/konsumen yang telah loyal, percaya dan yakin terhadap produk yang
kita miliki. Dan pelanggan itu sebagai aset sumber pendapatan. Pelanggan juga
mampu memperluas pangsa pasar usaha yang ditekuni.
4.
Buatlah contoh kalimat iklan yang menarik atau jargon yang ear catching bagi
bisnis sebuah restoran!
“Welcome
to Paradise, we will serve you with something really delicious!”
5. Jika
Anda memiliki bisnis pakaian, coba jelaskan segmentasi pasar mana yang akan
Anda pilih dan mengapa?
Segmentasi pasar yang akan saya pilih adalah
- Spesialisasi selektif
Perusahaan memilih sejumlah segmen yang masing-masing secara
objektif menarik dan sesuai bagi tujuan dan sumber daya perusahaan. Strategi
yang melingkupi banyak segmen mempunyai kelebihan dibandingkan segmen tunggal
dalam hal penyebaran risiko perusahaan.
- Spesialisasi produk
Perusahaan memusatkan diri dalam pembuatan prosuk tertentu yang dijualnya kepada beragam kelompok pelanggan. Melalui strategi ini, perusahaan membina reputasi yang kuat dalam bidang produk tertentu.
6.
Seandainya Anda produsen sebuah merek minuman, coba berikan contoh bagaimana
Anda memodifikasi produk Anda agar tetap menjadi produk terdepan!
Memodifikasi
minuman bisa dengan berbagai cara yaitu diantaranya :
a. Modifikasi
Rasa, buat berbagai rasa yang menarik konsumen.
b. Modifikasi
Botol atau apapun tempat minuman itu disajikan, supaya unik.
c. Modifikasi
Warna minuman, buat warna yang menarik dengan berbagai rasa yang unik.
d. Modifikasi
Logo Minuman.
e. Modifikasi
Takaran Saji. Buat ukuran small, medium, big, super big.
7. Buatlah
analisis SWOT dari usaha impian Anda di masa depan!
1. Kekuatan
(Strength)
• Pakaian
merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga keberlangsungan toko ini dapat
terjamin.
• Knowledge
atau kepakaran yang dimiliki dalam hal pakaian.
• Produk
baru atau pelayanan yang unik.
• Kualitas
produk yang bagus dan proses pembuatannya lebih efisien.
• Pengorganisasian
pada bisnis ini sudah tersusun dengan rapi.
• Lokasi
usaha yang terletak di kawasan/daerah yang padat penduduknya.
2. Kelemahan
(Weaknesses)
• Merek
yang kami buat belum terkenal karena masih pemula.
• Kurangnya
pengetahuan marketing.
• Produk
yang tidak terlalau berbeda dengan produk kompetitor
• Usahanya
dibangun dari kecil.
• Modal
yang kurang untuk melengkapi fasilitas yang belum ada pada usaha bisnis
pakaian.
• Ada
beberapa pesaing yang sudah terlebih dahulu berdiri sehingga menuntut inovatif
dan kreatif bagi pengusaha yang ingin membuka usaha dalam bidang yang sama.
3. Kesempatan
(Opportunites)
• Pasar
yang luang karena kompetitor yang tidak sanggup memenuhi keinginan konsumen.
• Pasar
yang sedang berkembang.
• Kerjasama
dengan 2-3 perusahaan atau aliansi
• Segmen
pasar yang baru
• Pasar
internasional
• Persaingan
yang belum terlalu banyak.
• Dengan
daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai
pasar.
4. Ancaman
(Threats)
• Kualitas Kompetitor lebih bagus.
• Kompetitor baru di area yang sama.
• Persaingan harga dengan kompetitor.
• Kompetitor mengeluarkan produk baru yang
inovatif.
• Kompetitor memegang pangsa pasar
terbesar.
• Diperkenalkannya pajak penjualan
8. Siapa pesaing terberat dari usaha Anda itu? Mengapa?
Pesaing
terberat dalam bisnis yang saya rencanakan adalah jenis Persaingan ciri khas
dan ras, karena bisnis yang saya rencanakan dibidang cafe dengan berbagai jenis
makanan dan minuman dan masih banyak produk-produk yang lain yang pastinya
bersaing dalam industri makanan dan minuman yang membuat produk atau kelas
produk yang sama.
9. Bagaimana strategi mendapatkan pelanggan bagi
bisnis Anda tersebut?
Mengambil
posisi berhadapan langsung dengan pesaing (head to head positioning). Misalnya,
dengan mengembangkan karakteristik khusus atau unikness pada produk yang akan
saya buat sehingga produk yang kami miliki memiliki kelebihan dibandingkan
dengan produk pesaing, menurunkan harga, tapi dengan kualitas rasa tetap sama
meningkatkan promosi melalui promosi yang efektif.
10. Sebutkan contoh produk yang booming saat ini dan menurut Anda apa yang menyebabkan produk tersebut berhasil merebut perhatian konsumen?
Yang sedang booming pada saat ini khususnya dalam bisnis pakaian di indonesia yaitu jaket bomber. Dan yang membuat product tersebut bisa merebut perhatian para konsumen karna pengguna jaket tersebut di pakai oleh orang penting yaitu presiden sehingga orang orang banyank yang ingin membeli produk tersebut.