Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 15


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 15
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang pengendalian perusahaan ?

Pengendalian perusahaan adalah pengelolaan bisnis pada semua jenjang usaha atau perusahaan membutuhkan suatu pengendalian atau kata kelola yang dapat menjaga dan mengendalikan usaha dari penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang oleh pelaksana.


2. Untuk membangun nilai-nilai bersama dalam organisasi perusahaan, kita perlu menetapkan budaya perusahaan. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang budaya perusahaan ? Meliputi apa saja budaya perusahaan tersebut ? Bagaimana karakteristiknya ?

Budaya perusahaan adalah nilai-nilai yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota di dalam suatu kelompok dan cenderung untuk menetap bahkan apabila anggota-anggota kelompok telah berganti. Budaya menggambarkan pola prilaku atau gaya kerja di suatu perusahaan yang secara otomatis dianjurkan oleh karyawan senior untuk diikuti oleh karyawan baru.

Budaya perusahaan meliputi :

1.     Peraturan-peraturan pokok perusahaan.

2.     Nilai-nilai dasar perusahaan.

3.     Moto perusahaan.

4.     Kinerja seseorang agar sukses di perusahaan.

5.     Sikap dan prilaku karyawan yang diinginkan perusahaan.

6.     Kesalahan yang tidak dapat dimakan perusahaan.

7.     Mitos, symbol, upacara sebagai ciri esensial perusahaan.

8.     Asumsi dasar pekerjaan, sifat, dan hubungan kerja.

Karakteristik budaya perusahaan yaitu sebagai berikut :

1.     Berorientasi pada manusia.

2.     Berorientasi Tim.

3.     Berorientasi pada hasil.

4.     Inovasi dan pengambilan risiko.

5.     Perhatian pada detail.

6.     Agresif.

7.     Stabil.


3. Apa yang saudara ketahui tentang budaya perusahaan yang baik ? Bagaimana relevansinya dengan GCG, manajemen, organisasi dan tujuan perusahaan ? Bagaimana pula dengan korelasinya dengan factor global, profit & performance, citra intitusi, dan pandangan pabrik ?

Budaya perusahaan yang baik adalah budaya yang sesuai dengan sistem nilai yang diyakini oleh semua anggota organisasi, dipelajari, diterapkan, serta dikembangkan secara berkesinambungan, berfungsi sebagai perekat, dan dapat dijadikan acuan berperilaku untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Empat faktor yang dimiliki perusahaan ungguk dan terpuji yaitu :

1.     Manajemen yang unggul akan menghasilkan kinerja yang tinggi dan keuntungan yang maksimal.

2.     Tata kelola perusahaan yang baik akan memberikan akseptansi yang tinggi dan memenuhi kualitas korporasi sesuai tuntutan global.

3.     Tanggung jawab sosial masyarakat yang diterapkan korporasi akan meningkatkan cirta institusi.

4.     Etika bisnis yang baik dalam perusahaan akan menghasilkan akseptansi yang tinggi, baik di lingkungan usaha, sosial, atau politik.


4. Apa yang saudara ketahui tentang kata kelola perusahaan dan kaitannya dengan manajemen? Pihak mana saja yang terkait dengan tata kelola perusahaan ini ?Jelaskan !  

Tata kelola perusahaan dan kaitan nya dengan manajemen yaitu salah satu sistem dalam manajemen, yaitu sistem yang secara khusus berhubungan dengan fungsi pengendalian dan pengawasan.

Pihak yang terkait ialah :

  • Manajer, Pihak yang menempati posisi strategis karena pengetahuan dan pengambilan keputusan sehari-hari mereka.
  • Direksi, Pihak yang memegang otoritas formal dan legal mengenai seluruh kebijakan perusahaan.
  • Pemegang Saham, Baik individu maupun entitas yang mempunyai kepentingan utama dalam perusahaan karena merekalah para pemilik perusahaan.
  • Karyawan, Khususnya yang tergabung dalam serikat pekerja atau yang memiliki sebagian saham karena mereka juga ikut dalam menentukan kebijakan perusahaan.
  • Pemerintah, Pihak yang terlibat melalui regulasi, undang-undang, dan pemberian izin-izin untuk kegiatan tertentu.
  • Kreditor, Pihak yang memberi utang pada perusahaan, sedikit banyak mempunyai pengaruh terhadap kebijakan perusahaan.

5. Uraikan dan jelaskan perinsip-perinsip tatakelola perusahaan berdasarkan Organization For Economic Coperatoon and Development !  

Prinsip-prinsip tata kelola perusahaan berdasarkan Organization for Economic Cooperation and Development yaitu :

  • Perlindungan hak-hak pemegang saham

Hak-hak untuk memperoleh metode yang aman atas pencatatan kepemilikan, melakukan pengalihan atau pemindahan saham, memperoleh informasi atas perusahaan, memberikan pendapat & suaranya dalam RUPS, memilih anggota dewan direksi & dewan komisaris, dan mendapatkan pembagian laba perusahaan, dan sebagainya.

  • Perlakuan yang sama terhadap seluruh pemegang saham

Kerangka kerja corp orate governance haruslah memberi perlakuan yang sama terhadap pemilik saham minoritas atau asing/semua pemegang saham dari kelompok yang sama harus diperlakukan sama dan adil.

  • Peranan Stakeholders yang terkait dengan perusahaan

Kerangka kerja corp orate governance harus mengakui hak-hak stakeholders yang diakui secara hukum dan mendorong kerja sama antara perusahaan dan stakeholder dalam menciptakan manfaat bagi perusahaan.

  • Keterbukaan dan transparansi

Pengungkapan menyangkut hasil keuangan, operasi perusahaan, tujuan perusahaan, kepemilikan saham, anggota dewan direksi, dan sebagainya.Informasi harus disiapkan dan diaudit sesuai standar yang ditentukan.Audit tahunan harus dilakukan oleh editor independen untuk mendapatkan keyakinan objektif.Penyebaran informasi berdasarkan akses yang wajar, efisien, dan tepat waktu untuk pemakai yang relevan.

  • Tanggung jawab dewan direksi

Pertanggung jawaban dewan direksi pada semua stakeholder.Anggota dewan bertindak dengan dasar informasi yang lengkap, beritikad baik, cermat, dan hati-hati untuk kepentingan pemegang saham.Dewan direksi harus menjamin ketaatan atas hukum yang berlaku dan mempertimbangkan kepentingan stakeholder. Dewan direksi harus memenuhi tugas utama pengelolaan perusahaan dengan good corp orate governance.


6. Apa yang dimaksud dengan tata kelola perusahaan yang baik? Apa esensi utamanya ? Apa juga keuntungan perusahaaan apabila menerapkannya ? Bagaimana dampak secara ekonomik ?

Tata kelola perusahaan yang baik adalah proses dan struktur dalam mengelola perusahaan ke arah peningkatan kemakmuran dan pertaanggung jawaban perusahaan dengan tujuan akhir mewujudkan nilai jangka panjang pemegang saham dengan tetap memperhatikan kepentingan berbagai pihak yang terkait.

Esensi dari tata kelola perusahaan yang baik adalah

  • GCG sebagai suatu sistem mengatur bagaimana perusahaan diarahkan dan dikendalikan guna meningkatkan kemakmuran bisnis secara akuntabel untuk memberi nilai tambah bagi pemegang saham dalam jangka panjang tanpa mengabaikan pemangku kepentingan lainnya.
  • GCG sebagai suatu strukturmemberikan kejelasan, fungsi, hak, kewajiban dan tanggung jawab para pihak yang berkepentingan atas perusahaan guna mewujudkan pengawasan internal dan eksternal yang efektif serta keseimbangan internal dan eksternal.

Keuntungan bagi perusahaan yaitu :

1.     Perbaikan dalam komunikasi.

2.     Meningkatkan citra perusahaan.

3.     Meningkatkan kinerja perusahaan.

4.     Meningkatkan corp orate value.

5.     Meningkatkan kepercayaan investor.

6.     Memperoleh kepercayaan dari kreditor.

7.     Memperoleh kepercayaan pelanggan.

8.     Meningkatkan efisiensi.

9.     Mencegah penyalahgunaan wewenang .

10. Perusahaan makin kompetitif.

11. Terjadi sustainable growth.

Dampak secara ekonomis meliputi :

1.     Meningkatkan penjualan.

2.     Mudah memperoleh tambahan modal.

3.     Meningkatkan keuntungan.

4.     Meningkatkan nilai saham.

5.     Terjadi High return.

6.     Lebih berpeluang mendapatkan dana dari para kreditor.


7. Jelaskan perinsip-perinsip tata kelola perusahaan yang baik di Indonesia berdasarkan komite nsional kebijakan govermance !

Prinsip-prinsip GCG di Indonesia oleh KNKG yaitu :

  • Transparency

Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materil dan relevan mengenai perusahaan kepada semua stakeholders.

  • Akuntabilitas

Harus ada kejelasan peran dan fungsi, pelaksana, serta pertanggung jawaban organ perusahaan, meliputi Pemilik saham, dewan komisaris, direksi, manajer, dan auditor sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efisien dan efektif.

  • Responsibility

Merupakan pengejawantahan tanggung jawab perusahaan sebagai anggota masyarakat, mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat, mematuhi hukum dan bertindak sesuai nilai-nilai yang ada di masyarakat.

  • Independency

Suatu keadaan di mana perusahaan dikelola secara professional tanpabenturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak manapun.

  • Fairness

Keadilan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders, khususnya mengindari fraud, self-dealing, dan penimpangan oleh orang dalam perusahaan.


8. Bagaimana akuntabilitas kinerja pemerintah pusat secara umum ? Jelaskan pandangan saudara terhadap hal ini !

Menurut saya akuntibilitas kinerja pemerintah pusat jika dilihat dari media sih sudah bagus tapi belum tau jika saya lihat langsung ke lapangan.


9. Jelaskan pilar-pilar utama dari Good Corp orate Gopermance yang saudara ketahui. Pada pilar manakah adanya visi misi dan tujuan UNIKOM !

Pilar-pilar dalam GCG yaitu :

1.     Commitment on governance.

2.     Governance structure.

3.     Governance mechanism.

4.     Governance outcome.

Pada pilar Commitment on governance adanya visi, misi, dari suatu organisasi. Visi, misi, dan tujuan unikom ialah Profesionalisme, integritas, kualitas, teknologi informasi, keunggulan.


10. Sebutkan 5 perusahaan Indonesia yang sangat terpercaya di para investor, analis, dan manajer investasi hasil survey majalah SWA pada November 2012 dan jabarkan analis saudara kepada kelima perusahaan tersebut terpilih !

perusahaan yang terpercaya di mata asing yaitu :

1.     PT Aneka Tambang(Persero)Tbk.

2.     PT Bank CIMB Niaga Tbk.

3.     PT Bank Mandiri(Persero) Tbk.

4.     PT Bank Negara Indonesia(Persero)Tbk.

5.     PT OCBC NISP Tbk.

Menurut saya kenapa perusahaan tersebut di percaya di mata asing yakni karena perusahaan tersebut telah berhasil menerapkan Good Corporate Governance.


11. Corp orate Goprmance Perception Index (CGPI) dapat menunjukan kemasyarakatan integritas suatu perusahaan apakah termasuk perusahaan sangat terpercaya, terpercaya, cukup terpercaya, atau tidak dapat dipercaya. Uraikan analis saudara terhadap perusahaan-perusahaan yang sangat terpercaya berdasarkan hasil survey majalah SWA pada November 2012 tersebut !

Perusahaan yang bisa mempertahanakan kepercayaan maka para investor menjadi sangat percaya terhadap perusahaan tersebut.

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi