Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 13


Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 13
PERTANYAAN DAN DISKUSI
1. Organisasi dibentuk karena ada kesamaan kepentingan, dan mempermudah mencapai tujuan. Apa maksud pernyataan tersebut?

Maksudnya adalah suatu keinginan atau visi misi yang besar memerlukan banyak orang didalamnya. Sebaliknya, setiap orang yang memiliki tujuan, visi dan misi besar memerlukan orang lain yang mempunyai visi dan misi yang sama untuk bersama-sama mencapai tujuan tersebut. Atas alasan tersebutlah maka terbentuklah organisasi.


2. Struktur organisasi terutama ditentukan oleh: Tujuan, Misi, dan Strategi Organisasi. Mengapa demikian? Jelaskan!

Penentu struktur organisasi yang utama adalah: tujuan, misi dan strategi organisasi. Tiga factor penentu tersebut diperlukan untuk memudahkan pengelompokan/spesialisasi orang yang akan berada di struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada  yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan yang di harapkan.


3. Mengapa tim-tim kerja di perusahaan perlu dibentuk? Bagaimana cara mengembangkan tim-tim yang telah dibentuk agar menjadi efektif?

Karena dengan adanya tim maka dapat memainkan peran yang penting dalam membantu organisasi menjangkau sasarannya. Keuntungan dari kerja sama tim bagi organisasi adalah : keputusan yang berkualitas tinggi, meningkatkan komitmen untu penyelesaian dan perubahan, menurunkan tingkat stress individu dan kompetisi internal yang merusak serta memperbaiki fleksibilitas dan respons.

Cara membentuk tim agar bekerja secara efektif maka kebutuhan tim harus dirancang dengan sangat hati-hati seperti semua bagian lain dari struktur organisasi. Jumlah anggota tim juga perlu diperhatikan, dalam hal ini jumlah 4-6 orang merupakan jumlah yang efektif untuk satu tim. Untuk membentuk tim efektif perlu juga mengetahui karakteristik tim yang efektif : merasa mempunyai tujuan yang jelas, komunikasi terbuka dan jujur, pemikiran kreatif, fokus serta keputusan yang consensus.


4. Mengapa perusahaan perlu Merger? Mengapa Merger perusahaan dapat bersifat defensive atau ofensif?

Merger perlu dilakukan oleh beberapa perusahaan adalah antara lain : untuk kebutuhan bertahan hidup, melindungi diri dari perusaan yang lebih kuat, diversitikasi atau memperoleh keuntungan dalam posisi pasar, keunggulan teknologikekuatan keuangan ataupun dalam menata manajemen.

Merger dapat bersifat ofensif dan devensif menyesuaikan tujuan organisasi.


5. Organisasi apa yang Anda ikuti saat ini? Apa alasan Anda bergabung dengan organisasi tersebut?

E-Club (Entrepreneur Club), saya bergabung dengan organisasi ini karena saya merasa perlu berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai semangat entrepreneur. Di organisasi ini mereka yang sudah sudah berjalan dengan usaha sendiri akan membagikan tips atau hal lain pengalaman mereka.



6. Coba gambarkan struktur organisasi Anda.


7. Berikan contoh kegiatan yang biasa dilakukan organisasi Anda. Bagaimana kerja sama tim di dalamnya? Jelaskan pembagian kerjanya. 
Jawab :

Kegiatan yang biasa dilakukan di organisasi ini salah satunya adalah pameran/exhibition. Dalam melaksanakan kegiatan ini tentu saja kami melakukan pembagian tugas, diantaranya adalah : Bagian yang mengatur peserta pameran, Bagian yang mengatur administrasi (surat izin, dll), bagian konsumsi, bagian yang mengatur jalannya acara serta bagian evaluasi.


8. Di dalam melaksanakan suatu kegiatan, tentu Anda melakukan beberapa pertemuan dengan tim Anda. Coba jelaskan langkah-langkah pengambilan suatu keputusan di dalam tim Anda!

Langkah-langkah pengambilan keputusan dalam tim ini pertama-tama adalah menemukan pokok permasalahan yang akan di bahas. Kemudian masing-masing kami mengemukakan alternative untuk mengatasi masalah tersebut. Dari sekian banyak alternative kami bersepakat mengambil beberapa alternative yang memungkinkan. Selanjutnya jika berkemungkinan kami akan mengadakan vote/jajak pendapat, sehingga di dapan 1 keputusan. Terakhir, ketua tim menjelaskan keputusan yang diambil kepada seluruh anggota tim. 


9. Seandainya Anda menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, jelaskan wewenang apa saja yang akan Anda delegasikan dan mengapa?

Jika saya menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, wewenang yang akan saya delegasikan pertama kali adalah tentang kedisiplinan, selanjutnya adalah menekankan pentingnya kesolidan tim dan keberkembangannya. Karena disiplin adalah hal pertama yang penting bagi kelanjutan hal lain yang dikerjakan dalam suatu tim.


10. Jelaskan manfaat kerja sama tim yang Anda lakukan bagi organisasi Anda dan bagi Anda pribadi.

Manfaat kerjasama tim yang saya lakukan bagi organisasi diantaranya adalah :

1.     Keputusan yang berkualitas tinggi

2.     Meningkatkan komitmen untuk penyelesaian dan perubahan

3.     Menurunkan tingkat stress dan kompetisi internal yang merusak

4.     Memperbaiki fleksibelitas dan respons 

Sedangkan manfaat bagi saya sendiri adalah :

1.     Stress/beban pekerjaan yang biasanya saya lakukan sendiri akan berkurang

2.     Tanggung jawab atas pekerjaan dipikul bersama

3.     Saya bisa memperoleh balas jasa dan penghargaan dari kerja tim yang dilakukan

4.     Sebagai media aktualisasi diri

5.     Dapat menyalurkan bakat dan kemampuan saya dibidang yang telah dibagi dalam suatu tim


11. Apa kelemahan tim Anda tersebut? Coba Analisis!

Kelemahan tim ini adalah sama dengan kelemahan tim secara umum, yaitu :

  • Pemborosan (tidak efesien)
  • Berpikir secara kelompok
  • Mengurangi inovasi individu
  • Gangguan structural
  • Beban kerja berlebihan

12. Jelaskan contoh kasus merger perusahaan yang saudara ketahui!

Contoh merger perusahaan yang saya ketahui salah satunya adalah perusahaan sony & Ericson. Dalam masa pertumbuhannya, kedua perusahaan ini sama-sama membutuhkan untuk saling bergabung. Maka setelahnya kita ketahui keduanya telah tergabung menjadi satu, sony Ericson.


13. Analisis keuntungan dan kerugian merger tersebut!

Adalah salah satu dari kedua perusahaan tersebut harus siap didominasi oleh perusahaan lainnya. Seperti sony dan Ericson, pada kedua perusahaan tersebut saya rasa sony lebih mendominasi ketika telah tergabung.


14. Apabila Anda seorang direktur, bagaimana langkah Anda agar suksesi di perusahaan Anda berjalan dengan baik?

Langkah-langkah saya untuk menjalankan suksesi diperusahaan (sebagai dirtektur) adalah :

1.     Menyediakan waktu yang cukup untuk proses tersebut dengan memulai lebih awal

2.     Memperkirakan nilai perusahaan atau pekerjaan seorang konsultan untuk melakukannya untuk saya.

3.     Mengevaluasi para penerima suksesi yang potensial menurut kelayakan mereka

4.     Mempertimbangkan anggota keluarga yang memungkinkan, memastikan mereka memiliki keahlian dan motivasi yang dibutuhkan untuk meneruskan bisnis tersebut.

5.     Menyediakan suatu periode transisi agar penerima suksesi dapa mempelajari bisnis tersebut.

6.     Mempertimbangkan pilihan-pilihan seperti employee stock option plans (ESOP) untuk suksesi manajemen.

7.     Menetapkan tanggal untuk menyelesaikan transisi dan menepati tanggal tersebut.


15. Jelaskan karakteristik tim yang efektif dan beri contoh aplikasinya. 
  • Dirasa jelas tujuannya

Contoh pengaplikasiannya adalah : jika suatu tim menyelenggarakan suatu kegiatan maka ketika pertemuan pertama dilakukan harus dikemukakan tujuan utama dari kegiatan tersebut. Sehingga seluruh anggota tim dapat memahami tujuan dan membantu berpikir untuk strategi yang akan dilakukan untuk melaksanakan kegiatan.

  • Komunikasi terbuka dan jujur

Dalam mengemukakan pendapat pada suatu pertemuan ketika ada permasalahan, maka setiap anggota mengemukakan pendapat atau masukan secara terbuka. Tanpa ada tekanan baik internal maupun eksternal.

  • Pemikiran kreatif

Ketika ada permasalahan atau butuh pencetusan ide, maka tim menemukan ide yang kreatif dan tidak mainstream.

  • Fokus

Pada pelaksanaannya, kerja tim tetap fokus walaupun ada hal yang diluar rencana.

  • Keputusan konsensus

Keputusan tim telah mempertimbangkan resiko dan konsekuensi, sehingga dapat mewaspadai hal lain yang terjadi.

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi