Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 13
Maksudnya adalah suatu keinginan atau visi
misi yang besar memerlukan banyak orang didalamnya. Sebaliknya, setiap orang
yang memiliki tujuan, visi dan misi besar memerlukan orang lain yang mempunyai
visi dan misi yang sama untuk bersama-sama mencapai tujuan tersebut. Atas
alasan tersebutlah maka terbentuklah organisasi.
2. Struktur organisasi terutama ditentukan oleh: Tujuan, Misi, dan Strategi Organisasi. Mengapa demikian? Jelaskan!
Penentu struktur organisasi yang utama
adalah: tujuan, misi dan strategi organisasi. Tiga factor penentu tersebut
diperlukan untuk memudahkan pengelompokan/spesialisasi orang yang akan berada
di struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah susunan dan hubungan
antara tiap bagian serta posisi yang ada yang ada pada suatu
organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan yang di harapkan.
3. Mengapa tim-tim kerja di perusahaan perlu dibentuk? Bagaimana cara mengembangkan tim-tim yang telah dibentuk agar menjadi efektif?
Karena dengan adanya tim maka dapat memainkan
peran yang penting dalam membantu organisasi menjangkau sasarannya. Keuntungan
dari kerja sama tim bagi organisasi adalah : keputusan yang berkualitas tinggi,
meningkatkan komitmen untu penyelesaian dan perubahan, menurunkan tingkat
stress individu dan kompetisi internal yang merusak serta memperbaiki fleksibilitas
dan respons.
Cara membentuk tim agar bekerja secara
efektif maka kebutuhan tim harus dirancang dengan sangat hati-hati seperti
semua bagian lain dari struktur organisasi. Jumlah anggota tim juga perlu
diperhatikan, dalam hal ini jumlah 4-6 orang merupakan jumlah yang efektif
untuk satu tim. Untuk membentuk tim efektif perlu juga mengetahui karakteristik
tim yang efektif : merasa mempunyai tujuan yang jelas, komunikasi terbuka dan
jujur, pemikiran kreatif, fokus serta keputusan yang consensus.
4. Mengapa perusahaan perlu Merger? Mengapa Merger perusahaan dapat bersifat defensive atau ofensif?
Merger perlu dilakukan oleh beberapa
perusahaan adalah antara lain : untuk kebutuhan bertahan hidup, melindungi diri
dari perusaan yang lebih kuat, diversitikasi atau memperoleh keuntungan dalam
posisi pasar, keunggulan teknologikekuatan keuangan ataupun dalam menata
manajemen.
Merger dapat bersifat ofensif dan devensif
menyesuaikan tujuan organisasi.
5. Organisasi apa yang Anda ikuti saat ini? Apa alasan Anda bergabung dengan organisasi tersebut?
E-Club (Entrepreneur Club), saya bergabung
dengan organisasi ini karena saya merasa perlu berkumpul dengan orang-orang
yang mempunyai semangat entrepreneur. Di organisasi ini mereka yang sudah sudah
berjalan dengan usaha sendiri akan membagikan tips atau hal lain pengalaman
mereka.
Kegiatan yang biasa dilakukan di organisasi
ini salah satunya adalah pameran/exhibition. Dalam melaksanakan kegiatan ini
tentu saja kami melakukan pembagian tugas, diantaranya adalah : Bagian yang
mengatur peserta pameran, Bagian yang mengatur administrasi (surat izin, dll),
bagian konsumsi, bagian yang mengatur jalannya acara serta bagian evaluasi.
8. Di dalam melaksanakan suatu kegiatan, tentu Anda melakukan beberapa pertemuan dengan tim Anda. Coba jelaskan langkah-langkah pengambilan suatu keputusan di dalam tim Anda!
Langkah-langkah pengambilan keputusan dalam
tim ini pertama-tama adalah menemukan pokok permasalahan yang akan di bahas.
Kemudian masing-masing kami mengemukakan alternative untuk mengatasi masalah
tersebut. Dari sekian banyak alternative kami bersepakat mengambil beberapa
alternative yang memungkinkan. Selanjutnya jika berkemungkinan kami akan
mengadakan vote/jajak pendapat, sehingga di dapan 1 keputusan. Terakhir, ketua
tim menjelaskan keputusan yang diambil kepada seluruh anggota tim.
9. Seandainya Anda menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, jelaskan wewenang apa saja yang akan Anda delegasikan dan mengapa?
Jika saya menjadi ketua organisasi
kemahasiswaan, wewenang yang akan saya delegasikan pertama kali adalah tentang
kedisiplinan, selanjutnya adalah menekankan pentingnya kesolidan tim dan
keberkembangannya. Karena disiplin adalah hal pertama yang penting bagi
kelanjutan hal lain yang dikerjakan dalam suatu tim.
10. Jelaskan manfaat kerja sama tim yang Anda lakukan bagi organisasi Anda dan bagi Anda pribadi.
Manfaat kerjasama tim yang saya lakukan bagi
organisasi diantaranya adalah :
1.
Keputusan yang
berkualitas tinggi
2.
Meningkatkan komitmen
untuk penyelesaian dan perubahan
3.
Menurunkan tingkat
stress dan kompetisi internal yang merusak
4. Memperbaiki fleksibelitas dan respons
Sedangkan manfaat bagi saya sendiri adalah :
1.
Stress/beban pekerjaan
yang biasanya saya lakukan sendiri akan berkurang
2.
Tanggung jawab atas
pekerjaan dipikul bersama
3.
Saya bisa memperoleh
balas jasa dan penghargaan dari kerja tim yang dilakukan
4.
Sebagai media
aktualisasi diri
5.
Dapat menyalurkan bakat
dan kemampuan saya dibidang yang telah dibagi dalam suatu tim
11. Apa kelemahan tim Anda tersebut? Coba Analisis!
Kelemahan tim ini adalah sama dengan
kelemahan tim secara umum, yaitu :
- Pemborosan (tidak efesien)
- Berpikir secara kelompok
- Mengurangi inovasi individu
- Gangguan structural
- Beban kerja berlebihan
Contoh merger perusahaan yang saya ketahui
salah satunya adalah perusahaan sony & Ericson. Dalam masa pertumbuhannya,
kedua perusahaan ini sama-sama membutuhkan untuk saling bergabung. Maka
setelahnya kita ketahui keduanya telah tergabung menjadi satu, sony Ericson.
13. Analisis keuntungan dan kerugian merger tersebut!
Adalah salah satu dari kedua perusahaan
tersebut harus siap didominasi oleh perusahaan lainnya. Seperti sony dan
Ericson, pada kedua perusahaan tersebut saya rasa sony lebih mendominasi ketika
telah tergabung.
Langkah-langkah saya untuk menjalankan
suksesi diperusahaan (sebagai dirtektur) adalah :
1.
Menyediakan waktu yang
cukup untuk proses tersebut dengan memulai lebih awal
2.
Memperkirakan nilai
perusahaan atau pekerjaan seorang konsultan untuk melakukannya untuk saya.
3.
Mengevaluasi para
penerima suksesi yang potensial menurut kelayakan mereka
4.
Mempertimbangkan anggota
keluarga yang memungkinkan, memastikan mereka memiliki keahlian dan motivasi
yang dibutuhkan untuk meneruskan bisnis tersebut.
5.
Menyediakan suatu
periode transisi agar penerima suksesi dapa mempelajari bisnis tersebut.
6.
Mempertimbangkan
pilihan-pilihan seperti employee stock option plans (ESOP) untuk suksesi
manajemen.
7.
Menetapkan tanggal untuk
menyelesaikan transisi dan menepati tanggal tersebut.
- Dirasa jelas tujuannya
Contoh pengaplikasiannya adalah : jika suatu
tim menyelenggarakan suatu kegiatan maka ketika pertemuan pertama dilakukan
harus dikemukakan tujuan utama dari kegiatan tersebut. Sehingga seluruh anggota
tim dapat memahami tujuan dan membantu berpikir untuk strategi yang akan
dilakukan untuk melaksanakan kegiatan.
- Komunikasi terbuka dan jujur
Dalam mengemukakan pendapat pada suatu
pertemuan ketika ada permasalahan, maka setiap anggota mengemukakan pendapat
atau masukan secara terbuka. Tanpa ada tekanan baik internal maupun eksternal.
- Pemikiran kreatif
Ketika ada permasalahan atau butuh pencetusan
ide, maka tim menemukan ide yang kreatif dan tidak mainstream.
- Fokus
Pada pelaksanaannya, kerja tim tetap fokus
walaupun ada hal yang diluar rencana.
- Keputusan konsensus
Keputusan tim telah mempertimbangkan resiko dan konsekuensi, sehingga dapat mewaspadai hal lain yang terjadi.