Traveloka

Berdirinya Traveloka berawal dari pengalaman pribadi pria kelahiran Padang, 16 Januari 1968 ini. Merasa kesulitan dalam mencari tiket pesawat tujuan Padang dari Indianapolis, Amerika Serikat. 

Kemudian menjadi peluang usaha untuk menyediakan jasa Online Travel Agent. Ferry ingin membuka usaha yang dapat memberikan kemudahan perjalanan yang sesuai kebutuhan konsumen. Dibantu dengan dua rekannya saat bekerja di Microsoft, Derianto Kusuma dan Albert, maka lahirlah Traveloka.com.

Pria lulusan Purdue University ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dalam membangun agen perjalanannya. Awalnya, travel online ini  bergerak dengan skala bisnis kecil sebagai mesin pencari tiket pesawat dan dan reservasi hotel. Saat internet di Indonesia sedang berkembang, rintisan usahanya mulai dilirik banyak orang. Dalam kurun waktu beberapa bulan, pelanggannya semakin bertambah dan bisnisnya semakin berkembang.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Sistem informasi manajemen  traveloka

Berdasarkan bagan struktur organisasi dari Traveleloka, maka tanggung jawab dan wewenang masing- masing jabatan dapat diuraikan sebagai berikut :

President Direktur

  1. Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
  2. Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan
  3. kepentingan perusahaan.Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.

General Managare

  1. Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
  2. Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.

Managare Acciunting

  1. Membuat laporan keuangan.
  2. Mengatur alur kas

Managare Marketing

  1. Menjalin relasi dengan konsumen.
  2. Memimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran
  3. Melakukan planing dan analisis pemasaran.

Managare Personalia

  1. Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.
  2. Melayani dalam proses perekrutan
  3. Mengawasi dan evaluasi kinerja.

Sales Tour And Travel

  1. Melayani feedback konsumen.
  2. Memantau kompetitor.
  3. Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
  4. Menjual produk dan jasa Parawisata

Ticketing

  1. Menjaga dan memantau stock.
  2. Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket..

Masenger

  1. Memproses data dan pengriman tiket.
  2. Bekerjasama dengan ticketing.

Sistem informasi manajemen user dan admin





Dari flowchart di atas perusahaan membaginya dalam tiga bagian yang mana secarah vertikal sebagai berikut :

  • User : Customer, data user, data id, tiket, cetak transasksi
  • Admin: Input, database, pemrosesan, cetak laporan, penerimaan kas.
  • Marketing: Multi laporan, pengembangan usaha.

Menginput data CS.

Data diproses Feed back dikirim ke CS.

Data diproses bagian reservasi dan dikelola sebagai bukti kas



Prosedur dan Transaksi pada traveloka

Untuk mekanisme pembayarannya seperti pada umumnya, traveloka sajikan fitur booking online lengkap dengan prosedur serta petunjuk untuk para calon pembeli.

Proses pemesanan dan pembayaran untuk tiket pesawat

  • Cari penerbangan: www.traveloka.com
  • Masukkan data yang diperlukan( login ):
  1. Kota Asal
  2. Kota Tujuan
  3. Tanggal Berangkat
  4. Tanggal Pulang ( bias memesan terpisah untuk tiket keberangkatan dan pulang )
  •  Penumpang dapat dikategorikan:
  1. Dewasa (>12 tahun) harga sesuai dengan yang tertera
  2. Anak-anak (2-12 tahun) harga sesuai dengan yang tertera
  3. Bayi (0-2 tahun) membayar 20% dari harga yang tertera

Pilih dan pesan tiket penerbangan:

  • Pilih penerbangan sesuai yang diinginkan.
  • Di kolom fasilitas terdapat beberapa kategori, yaitu:
    • Harga termasuk bagasi
    • Harga termasuk makanan

Isi data

  • Isi data pemesanan yang dapat di hubungi:
  • Nama kontak
  • No.hp/tlp
  • Alamat email
  • Persiapkan kartu identitas.
  • Isi data sesuai dengan kartu identitas

Pembayaran / Transaksi

         100% transaksi di traveloka menggunakan e-payment, baik itu lewat transfer via bank, atau via kartu kredit. Dan traveloka selalu mengikuti undang – undang ITE dimana security adalah prioritas utama kami.
  • Pembayaran bisa dengan cara:
    • Transfer
    • ATM
    • Kartu kredit
    • Mandiri Clickpa
    • BCA Clickpay
    • CIMB Clicks
    • Mandiri Ecash

Pengiriman

  1. Setelah menyelesaikan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan konfirmasi pembayaran via sms/email.
  2. E-tiket resmi akan dikirimkan ke alamat email yang telah dicantumkan.
Proses pemesanan dan pembayaran untuk Hotel
  • Cari penerbangan: www.traveloka.com
  • Masukkan data yang diperlukan( login )
  • masuk ke menu hotel
  • masukan Kota Tujuan / hotel yang akan di pesa
  • masukan data untuk tanggal nginap
  • masukkan data untuk berapa lama mau menginap
  • atur jumlah tamu dan tentukan jumlah kamar yang di inginkan
  • cari hotel dan tentukan hotel yang akan di pesan
  • setelah pemesanan isi data pemesan dan tamu
  • lakukan pembayaran sesuai dengan kebutuhan

Kelebihan:

  1. Harga yang kompetitif.
  2. Proses yang cepat.
  3. Pilihan pembayaran yang beragam.
  4. Terdapat promo.
  5. Customer Service dapat melayani setiap saat.
  6. Tersedia versi mobilenya.
  7. Smart algorithm 

Kekurangan:

  • Dalam penerbangan internasional, belum mencakup seluruh wilayah dunia, hanya untuk beberapa wilayah terfavorit.
  • Pelayanan booking hotel dari traveloka.com masih versi beta sehingga masih memiliki beberapa kekurangan dan tidak memiliki list dari berbagai hotel didunia hanya hotel-hotel tertentu.

Cara pengajuan refund

         Refund adalah sejumlah uang yang akan Anda terima atas pembatalan pemesanan penerbangan yang bersifat refundable, serta tergantung pada kebijakan yang berlaku. Permohonan refund yang telah diajukan tidak dapat dibatalkan

  1. cara mudah mengajukan refund pada traveloka ( PENERBANGAN DAN HOTEL )

  • LOGIN
Log in ke akun Traveloka Anda. Jika belum memiliki akun, daftar sekarang dengan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk memesan.
  • PESANAN SAYA
Pada halaman dashboard di akun Anda, pilih submenu Pesanan Saya.
  • CEK DETAIL PESANAN ANDA
Pilih pesanan yang ingin Anda refund, lalu klik tombol Detail.
  • ISI FORMULIR REFUND
Pada detail pesanan Anda, klik tombol Refund. Isi formulir refund dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Cara pengajuan Reschedule

  1. log in ke akun Traveloka Anda. Pada dasbor akun Anda, pilih submenu Pesanan Saya.
  2. Klik Detail pada penerbangan yang hendak Anda ubah, lalu klik tombol Reschedule.
  3. Pilih tanggal penerbangan atau hotel baru dan langsung pesan penerbangan / hotel baru Anda.
  4. Konfirmasi harga akan dikirim melalui email atau notifikasi push, disertai tautan untuk melanjutkan ke pembayaran.
  5. Harga total sudah termasuk Biaya Reschedule Traveloka dan biaya maskapai atau hotel.
  6. Setelah proses reschedule selesai, e-tiket akan langsung dikirim ke Traveloka App dan email Anda.

Popular posts from this blog

Resume Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Informasi yang paling banyak di cari di internet