Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 1



Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung BAB 1


Pertanyaan dan Diskusi


1. Jelaskan mengapa seorang Entrepreneur dikatakan melakukan pekerjaan mulia?
Enterpreneur dikatakan melakukan pekerjaan mulia dikarenakan dapat memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memperoleh nafkah dan biaya hidup bagi keluarganya dari perusahaan yang ia bangun. Dimana dalam perusahaan tersebut terdiri dari banyak orang, yaitu para pekerja. Secara tidak langsung Enterpreneur, telah memberi nafkah bagi begitu banyak keluarga (para pekerja) yang membutuhkan pekerjaan untuk menghidupi dan menafkahi keluarganya.

2. Apa kiat Saudara guna berperan dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan di negara kita?
Dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan, saya akan mendirikan suatu usaha (menjadi Entrepreneur), sehingga dapat memberikan lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkannya. Dengan memberikan pekerjaan, seseorang yang awalnya menganggur/miskin akan memperoleh penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan dalam menjalani usaha tersebut, dengan berlandaskan harus disertai sikap jujur, adil dan sportif. Sehingga tidak menyalahi atauran atau merugikan orang lain bahkan menimbukan pengangguran dan kemiskinan itu sendiri.

3. Jelaskan usaha apa yang akan menjadikan Saudara senang dan bersemangat bila membangun usaha tersebut?
Dengan ketertarikan saya terhadap dunia bisnis maka saya akan membuat usaha yang akan banyak membantu orang/pengangguran dalam mencari perkejaan seperti mendirikan usaha perkantoran atau pabrik karna saya berkeyakinan dengan mendirikan usaha yang banyak memperkerjakan orang makan usaha tersebut akan menjadi usaha yang besar salain itu akan berdampak terhadap pengurangan yang dari waktu ke waktu semakin menjamur.i

4. Bila Saudara mendirikan usaha baru, apa target utama yang ingin Saudara capai?
Target utama saya apabila mendiri suatu usaha baru maka saya akan menargetkan terhadap tingkat kepercayaan masyrakat terhadap usaha apa yang saya dirikan karna dengan tingkat kepercayaan masyrakat terhadap suatu usaha makan itu akan membuat apa yang ingin di tergetkan akan berjalan dengan baik karna kepercayaan masyrakat sudah ada terhadap usaha yang saya dirikan.

5. Sebutkan tiga Entrepreneur Indonesia dari tiga sektor berbeda yang Saudara idolakan dan jelaskan alasan Saudara memilih ketiga Tokoh tersebut sebagai idola Saudara?
1. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto. Beliau adalah seseorang yang berjiwa entrepreneur yang saya idolakan, bukan dari apa yang belia hasilkan sekarang tapi bagai mana proses yang beliau lewati dalam pencapaian yang sekarang ini yaitu dengan cara menjadikan hobinya sebagai langkah awal untuk mencapi kesuksesannya sehingga bisa menjadi suatu panutan bagi kaum kaum muda yang ingin menjadi sukses yaitu dengan cara menikmati prosesnya dalam perjalanannya dan memulainya dengan step bye step. 
2. Bambang Mustari Sadino ( Bob Sadino ) Dengan melihat apa yang sekarang beliau dapatkan sungguh suatu hal yang merupakan pencapaian terbesar, dengan melawati rintangan serta jatuh bangun dalam usaha yang dirintisnya, dari menjadi kuli harian, supir pribadi dan akhirnya melihat peluang usaha terhadap ternak dan telur ayam negeri, sehingga beliau banting dengan membuat usaha ternak ayan dan telur ayam dengan tekat yang kuat beliau meminjam uang kepada tetangganya untuk memulai usaha tersebut, sehingga tidak disangka dengan bermodalkan tekat beliau bisa mencapai kesuksesan besar. Selain itu dengan gaya nyentrik yang merupakan gaya khas beliau dengan celana pendek dan baju kemeja. Seingga membuat saya mengidolakan beliau. 
3. Susi Pudjiastuti Ketertarikan saya terhadap bu susi ini adalah beliau merupakan orang yang sudah mengajarkan bahwa dengan tekat dan kemauan yang kuat makan cita-cita akan tercapai, dengan mengambil jalan berhenti di bangku sekolah yang di karena ekonomi dan keinginan untuk merubah ekonomi dari berjual pakain dan bad caver. Dalam perjalananya dengan melihat keadaan kampung halamanya yang merupakan penghasil ikan sehingga beliau beralih profesi sebagai usaha perikanan dengan bermodalkan uang 750.000 yang di dapat dari menjaul perhiasan yang di milikinya sehingga beliau bisa menjadi seperti sekarang yang telah memiliki usaha perikanana, maskapai penerbangan dan sekarang bisa menjadi mentri prikanan RI.

6. Sebutkan tiga Entrepreneur kelas Dunia yang Saudara kagumi dan jelaskan alasan Saudara memilih ketiga Tokoh tersebut?
1. Mark Zukerberg entrepreneur yang sukses mencerdaskan masyarakat dunia tentang cara berkomunikasi di media sosial dengan menciptakan Facebook. Sehingga orang menjadi lebih mudah menemukan teman/saudara yang sudah lama tidak bertemu. 
2. Bill Gates merupakan entrepreneur sukses di bidang teknologi informasi. Beliau menciptakan Microsoft yang dapat merombak keseluruhan pola hidup masyarakat dari konvensional menjadi modern. Bukan hanya sukses sebagai entrepreneur pada umumnya, tetapi sekaligus berhasil menjadikan masyarakat di dunia ini menjadi cerdas. 
3. Walter Elias Disney entrepreneur yang sukses dalam bidang seni dan gambar. Sebagai pelopor film animasi kartun, pengusahaan sukses dan seniman besar.

7. Apa pandangan Saudara terhadap para Entrepreneur di tanah air?
Pandangan saya terhadap enterpreneur di tanah air adalah sangat baik, karena enterpreneur selain memperoleh keutungan untuk dirinya sendiri (menjadi orang kaya dan orang terkenal) juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan mencerdaskan bangsa. Sehingga enterpreneur membatu pemerintah dalam menentukan kemajuan suatu bangsa dan menjadi roda penggerak perkembangan ekonomi Negara kita.

8. Pelajaran apa yang dapat Saudara ambil dari para Entrepreneur sukses?
Pelajaran yang dapat diambil adalah kita dapat memulai usaha dengan modal yang kecil tidak harus dengan modal yang besar, karena yang terpenting adalah tekad yang kuat berdasarkan skill (keterampilan) atau kompetensi yang kita miliki. Bisnis yang sesuai skill kita akan membuat kita senang menjalankannya bahkan memacu semangat kita untuk meraih keberhasilan bisnis tersebut.

9. Kemajuan suatu Bangsa antara lain ditentukan oleh seberapa banyak jumlah Entrepreneur yang dimiliki negara tersebut. Mengapa?
Karena untuk menjadi Negara maju minimal dibutuhkan 2 persen enterpreneur dari populasi suatu Negara. Perbandingan antara enterpreneur dan orang biasa itu sangat berpengaruh. Dimana jika suatu bangsa memiliki enterpreneur yang lebih banyak jumlahnya, maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang ada, mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan permasalahan perkembangan ekonomi lainnya.

10. Sebutkan lima jenis pilihan bisnis yang akan Saudara pertimbangkan secara serius apabia akan membuka usaha baru dan jelaskan mengapa memilih kelima jenis bisnis tersebut?
Perdagangan/berwirausaa,Teknologi Informasi, Otomotif, Pendidikan, Jasa Transportasi. Untuk bidang perdagangan/berwirausaha, saya memiliki motivasi dalam hal perdagangan/berwirausaha sebagaimana ketertarikan saya terhadap usaha yang akan membantu orang dalam mencarai pekerjaan jadi menurut saya dengan dengan berdagang dengan usaha sendiri merupakan suatu peluang besar selain mendapat keuntungan yang besar juga dapat membantu orang dalam mencari perkejaan .Untuk bidang teknologi informasi dan otomotif, karena saya memiliki ketertarikan, serta dalam bidang tersebut. Sehingga hal tersebut akan membuat saya semangat dalam mengembangkan bisnis yang saya jalani nantinya. Untuk bidang pendidikan, saya ingin turut serta berkontribusi mencerdaskan bangsa. Supaya para penerus bangsa memiliki kompetensi yang unggul, yang siap bersaing secara nasional maupun internasional.Sedangkan untuk jasa transportasi, bertujuan untuk memberikan kemudahan transportasi umum yang baik bagi seluruh masyarakat. Dengan ikut memperbaiki transportasi umum kita turut serta dalam memajukan bangsa. Karena perekonomian suatu bangsa dapat berjalan dengan baik dan lancar, apabila negara tersebut memiliki pengelolaan transportasi umum yang baik pula.

11. Bila seseorang yang bekerja di Pemerintahan menjadi kaya-raya maka masyarakat akan mempertanyakan sumber kekayaan tersebut. Jika seorang Entrepreneur yang menjadi kaya-raya justru orang akan mengagumi atas kesuksesannya tersebut. Jelaskan analisis Saudara terhadap hal tersebut?
Seseorang yang bekerja di pemerintahan hanya memiliki kekayaan dari gaji yang ia terima setiap bulannya, kecuali apabila ia memiliki kerjaan sampingan untuk menambah pendapatannya. Besar kecilnya pendapatan tambahan tersebut disesuaikan dengan jenis usaha sampingan yang seseorang tersebut lakukan. Apabila didapati kekayaan pribadi seseorang yang bekerja di pemerintahan jauh melebihi berapa yang semestinya ia peroleh dari kerjanya dan usaha sampingannya, atau bahkan hanya dari kerjanya saja tanpa usaha sampingan apapun, maka hal tersebut patut dicurigai. Mengingat gaji bulanan yang diterima seseorang yang bekerja di pemerintahan merupakan dana dari APBN adalah berasal dari rakyat. Terlebih bahwa bekerja di pemerintahan tidak ada jaminan kita akan mendapatkan gaji yang besar, juga disertai sifat manusia yang selalu kurang merasa puas dan sikap tidak jujur dapat mengantarkan seseorang tersebut pada tindak kecurangan. Sedangkan seorang Entrepreneur merupakan seorang yang memiliki kemampuan berkreasi dan berinovasi, mandiri, ulet dan tekun, rajin, disiplin, siap menghadapi risiko, piawai meraih peluang, dan cerdas dalam mengelola sumber daya berhasil untuk menghasilkan nilai tambah dan profitabilitas (keuntungan) sehingga menjadi orang kaya.

12. Dunia telah berubah sedemikian pesatnya sehingga tidak ada lagi batasan negara dari sisi informasi karena peran Telematika. Sejauh mana peran Entrepreneur bagi kemajuan di bidang IPTEK, Humaniora, dan Lingkungan? Jelaskan alasan Saudara!
Entrepreneur turut berperan dalam kemajuan bidang IPTEK, humaniora dan lingkungan. Yakni Entrepreneur berperan menghubungkan kemajuan IPTEK dan nilai-nilai IPTEK itu sendiri ke dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Keterbukaan informasi yang bebas dapat memajukan IPTEK dalam masyarakat. Pada hakikatnya kemajuan dalam bidang IPTEK, humaniora dan lingkungan akan membimbing masyarakat untuk berpikir secara global dan bertindak lokal maupun global dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehari-hari.

13. Mengapa banyak para Entrepreneur telah sukses dibidangnya masing-masing kemudian dipilih rakyat untuk menjadi Bupati, Wali Kota, Gubernur, Menteri, Wakil Presiden, atau Presiden? Jelaskan penilaian Saudara terhadap fenomena tersebut!
Karena sejatinya para Entrepreneur adalah orang yang cerdas dalam megelola faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan keahlian). Seperti yang telah kita ketahui bahwa Entrepreneur sudah banyak berperan dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga Entrepreneur yang sukses dianggap sudah mampu dalam mengelola perekonomian suatu negara. Dengan diberikannya otoritas lebih kepada seorang Entrepreneur dalam pemerintahan, diharapkan seorang Entrepreneur dapat berkontribusi lebih banyak untuk mengatasi permasalahan-permasalahan perkenomian serta turut lebih aktif dalam pembangunan suatu negara. Terlebih seorang Entrepreneur merupakan orang kaya yang tentu saja tidak akan tergiur oleh hal-hal yang bukan haknya.

14. Indonesia termasuk negara yang sangat tinggi tingkat korupsinya. Menurut Saudara apa yang harus dilakukan oleh seorang Entrepreneur dalam ikut berperan memberantas korupsi tersebut? Jelaskan!
Peran Entrepreneur dalam memberantas korupsi menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia antara lain: menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, melaksanakan tanggung jawab yang sosial perusahaan, menciptakan iklim usaha persaingan yang sehat, mencegah praktik monopoli dan hal lai yang merugikan negara, dan mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu, dalam memberantas korupsi Entrepreneur dapat berperan untuk menghentikan sisi penawaran korupsi berupa suap.

15. Buat kesimpulan Saudara terhadap materi bahasan dalam Bab-1 ini!
Seseorang yang berhasil membangun, mengembangkan, dan memajukan usaha maka seseorang tersebut layak disebut sebagai seorang Entrepreneur atau pengusaha. Kemajuan suatu bangsa dipengaruhi oleh seberapa banyak Entrepreneur atau pengusaha yang dimiliki bangsa tersebut, dan seberapa besar kontribusi positif yang diberikan para Entrepreneur bagi perkembangan dan kemajuan bangsanya.Menjadi seorang Entrepreneur atau pengusaha merupakan pekerjaan yang mulia, karena ia memberi kesempatan bagi orang lain untuk memperoleh nafkah dan biaya hidup bagi keluarganya dari perusahaan yang ia bangun, mulai dari beberapa orang hingga ribuan orang, yang berarti ia telah memberi nafkah bagi begitu banyak keluarga yang membutuhukan pekerjaan untuk menghidupi dan menafkahi keluarganya. Sehingga permasalahan-permasalahan seperti kemiskinan dan pengangguran dalam negeri dapat diatasi dengan baik.Dalam membuka atau membangun bisnis atau usaha, harus didasarkan atas skill atau kompetensi yang kita miliki. Karena bisnis yang sesuai skill dan kompetensi kita akan membuat kita senang dalam menjalankannya, bahkan dapat memacu semangat kita untuk keberhasilan bisnis tersebut.Entrepreneur berperan dalam menentukan perkembangan perekonomian dalam negeri dan turut berperan dalam mencerdaskan bangsa. Karena para Entrepreneur menjadi roda penggerak perekonomian disetiap wilayah, baik di kabupaten, kotamadya, provinsi maupun tingkat nasional sehingga tingkat pertumbuhan PDB suatu negara dapat meningkat setiap tahunnya. Dan dalam bidang pendidikan para Entrepreneur berperan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu bahkan berkelas dunia.

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi