Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

BAB I
PENDAHULUAN

Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

1.1 Latar Belakang Masalah

Buah adalah salah satu penyuplai vitamin terbanyak bagi tubuh kita. Buah merupakan salah satu dari bagian makanan empat sehat lima sempurna. Buah merupakan bagian yang sangat pentong bagi dalam tubuh kita karna buah dapat menjaga bahkan memperbaharui sel tubuh kita yang rusak. Untuk itulah kita harus makan cukup buah dalam sehari terutama buah jeruk. Buah jeruk banyak mengndung vitamin yaitu C yang dapat menambah stamina kita dan juga dapat mengobati penyakit seperti sariawan.

Dalam sejarahnya, jeruk pontianak pernah mencapai masa keemasan pada tahun 1992 di mana luas pertanaman mencapai sekitar 21.000 ha, tanaman produktif sekitar 15.000 ha dan produksi total mencapai 234.059 ton/tahun (Azri, 2004). Produksi jeruk yang melimpah ini didistribusikan sampai ke Pulau Jawa. Akan tetapi, setelah beberapa tahun, jeruk pontianak mengalami kehancuran produksi. Penyebab hancurnya perdagangan jeruk pontianak menurut beberapa pendapat di antaranya adalah: 1) praktik monopoli perdagangan, 2) harga jeruk yang rendah mengakibatkan petani tidak mampu membiayai perawatan kebun jeruk, dan 3) tidak adanya pemeliharaan yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Tanaman yang sudah tua akibat tidak adanya peremajaan sehingga produktivitas tanaman menurun juga menyebabkan hancurnya perdagangan jeruk.

1.2   Rumusan Masalah

  1. Apa itu buah jeruk? 
  2. Apa Nutrisi yang terkandung dalam buah jeruk?  
  3. Apa manfaat dari buah jeruk?

1.3 Tujuan Penulisan

Karya Ilmiah ini disusun karna beberapa alasan , diantaranya sebagai praktek materi yang di ajarkan oleh bapak dan ibu guru mata pelajaran, sebagai pelengkap nilai praktek di semester 2 ini, dan yang terpenting adalah untuk mengetahui manfaat buah jeruk yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

1.4 Manfaat Penulisan

Untuk mengetahui atas manfaat jeruk serta khasiatnya, serta menambah ilmu pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan jeruk bagi kesehatan.

1.5 Metode Penelitian 

-Tempat dan waktu
Penelitian ini di lakukan di kota baru, 26 Maret 2014.
- Subjek penelitian
Subjek penelitian ini adalah “MANFAAT JERUK BAGI KESEHATAN MANUSIA”.
- Instrumen penelitian
Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah:

  1. Alat tulis 
  2. Buku 
  3. Internet
-Prosedur penelitian
Adapun prosedur yang di lakukan dalam penelitian ini adalah:
> Pencarian (browsing)
    Yaitu penulis penulis riset terlebih dahulu melalui media internet serta buku-buku panduan.
> Pengumpulan data
    Setelah melakukan riset, penulis juga melakukan tahapan pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data yang telah di cari.

BAB II
LANDASAN TEORITIS

2.1 Definisi Buah Jeruk

Buah yang berbentuk bulat dan berwarna kuning keemasan-emasan yang memiliki rasa manis serta masam dan sangat menyegarkan. Ya, itulah jeruk. Buah yang banyak tumbuh di iklim tropis serta semitropis dan ini banyak tumbuh di banyak Negara. Jeruk adalah sebuah buah yang banyak dan umum ditemui di berbagai toko buah serta di pasar – pasar, buah yang ketika masih muda berwarna hijau dan akan berubah kuning ketika sudah matang ini memiliki aroma khas yang segar dengan berbagai jenis dan ukuran. Dari masing-masing jenis dari buah jeruk ini juga memiliki warna, ukuran serta bentuk yang berbeda beda satu sama lainnya. Ini berkaitan dengan jenis serta tempat dimana penanaman. Umumnya jeruk berasa manis keasaman, walaupun ada juga yang sangat manis maupun asam. Buah ini sangat disukai oleh banyak orang karena cita rasanya yang khas dan segar membuat orang menyukainya. Jeruk selain bisa di konsumsi langsung, namun bisa juga di olah menjadi berbagai makanan dan minuman. Umumnya di buat jus dan penambah cita rasa pada makanan dan kue. Akan tetapi aroma jeruk juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan dan beberapa produk sabun mandi dan sabun cuci.

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota margaCitrus dari suku rutancea (suku jeruk-jerukan). Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman dapat menyulitkan dalam klasifikasi, Penelitian yang terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genusFortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus itu sendiri juga memiliki dua anak atau marga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

2.2 Nutrisi dalam buah jeruk

Jeruk banyak mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat esensial yang tak dapat diproduksi oleh tubuh.vitamin yang terdapat dalam jeruk yaitu vitamin C.

Selain itu kandungan vitamin C yang sangat melimpah, jeruk serta vitamin B, E, natrium, serta beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza.

Selain itu jeruk juga mengandung Vitamin C, Karbohidrat, Potasium, Folat, Kalsium, Thiamin / Vitamin B1, Niacin atau Vitamin B3, Vitamin B6 / Pyridoxine, Fosfor, Magnesium, Tembaga, Riboflavin/ Vitamin B2, Asam pantotenat atau Vitamin B5 serta Senyawa yaitu fitokimia yang bermanfaat untuk tubuh. adanya kandungan bioflavanoid yang memiliki peran sebagai antioksi serta pencegah kanker. Flavanoid jeruk berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Dan Jeruk sangat berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Beta karoten, kaya akan antioksidan yang baik memerangi kanker dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kalsium, melindungi tulang dan gigi. Asal usul Folat dalam menyediakan makanan bagi otak serta menjaga perkembangan sel otak. Magnesium, mengatur tekanan darah. Potasium, menjaga kestabilan sistem, kardiovaskuler. Thiamin, mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B6, dalam meningkatkan hemoglobin yang penting untuk peredaran oksigen didalam tubuh

BAB III
PEMBAHASAN

2.3 Manfaat buah jeruk

Khasiat Buak Jeruk Manfaat Buak Jeruk mengandung banyak vitamin, mineral, serta serat esensial yang tak bisa diproduksi oleh tubuh. Dengan kandungantersebut, salah satu manfaat jeruk adalah menjaga daya tahan dan keseimbangan tubuh agar tetap normal. Selain itu jeruk jiga mengandung bermacam gizi, dan Manfaat Buah Jeruk ini juga memiliki manfaat dalam mencegah penyakit kronis seperti kanker, katarak, dan kardiovaskuler.

Karena merupakan sumber Vitamin C, jeruk berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit flu, mencegah infeksi telinga yang berulang-ulang, dan juga dapat menurunkan resiko kanker usur besar karena membantu mengusir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA.Kaya Vitamin B6 yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan mendukung produksi hemoglobin dalam tubuh.Mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, karena dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Jadi dengan mengkonsumsi buah jeruk, dapat meremajakan kulit Anda.Mengandung serat yang dapat digunakan untuk mencegah diabetes. Kandungan serat didalam buahjeruk bisa menjaga kadar gula didalam darah tetap stabil.Sari jeruk dapat membantu menyembuhkan demam, wasir yang mengakibatkan gangguan pendarahan, membantu mengurangi asam berlebihan dalam darah, memperlancar air seni, dll .Jeruk dapat digunakan untuk mengobati penyakit bronchitis, asma, masuk angin, dan gangguan pencernaan dengan membuat ramuan air jeruk manis, garam, madu, dan sedikit lada.Kulit jeruk manis dapat membantu melembutkan kulit serta menghilangkan bintik hitam. Anda dapat membuat rebusan kulit jeruk manis dan meminumnya tiap hari satu gelas secara rutin hingga tiga bulan. Manfaat lain buah jeruk yaitu dapat Meningkatkan metabolism, Menghaluskan kulit kasar, Melindungi jantung. 

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Jadi, buah jeruk merupakan salah satu buah yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Selain untuk menjaga metabolisme dan menjaga stamina, jeruk juga dapat membantu kita untuk mengobati berbagai macam penyakit.

4.2 Saran

Setelah jita mengulas berbagai pengetahuan tentang buah jeruk mulai dari definisi, nutrisi yang terkandung di dalamnya, hingga berbagai macam manfaat buah jeruk, ada baik nya mulai saat ini kita rajin mengkonsumsi buah-buahan terutama buah jeruk agar kita tetap sehat dengan cara yang sehat pula.

GLOSARIUM
Asam aminosem
    barang senyawa organic yang memiliki gugus fungsional karboksil.
Anti Septic
    senyawa kimia yang di gunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membrane mukosa.
Antioksidan
    zat ini bisa memperlambat atau mencegah proses oksidasi.
Anti bakteri
    zat yang menggangu pertumbuhan atau bahkan mematikan bakteri dengan cara menggagu metabolism mikroba yang merugikan.
Enzim
    blomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organic.

Popular posts from this blog

Dampak Pergaulan Terhadap Prestasi Siswa

Siklus Ekonomi

Teori Konsumsi dan Investasi